PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (RT) DIPADU PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA ISLAM AL – MA’ARIF SINGOSARI MALANG
Abstract
Pendidikan pada saat ini masih menekankan pada hasil belajar kognitif saja, sehingga kemampuan siswa yang lain
seperti metakognitif kurang diberdayakan. Permasalahan tersebut perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan strategi
pembelajaran reciprocal teaching (RT) dipadu dengan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Strategi RT dan
PBMP diyakini berpotensi untuk mengembangkan kemampuan metakognitif siswa. Selain itu, tingginya aktivitas dan peran
serta siswa dalam kedua strategi ini sangat mendukung untuk memberdayakan kamampuan metakognitif. Berdasarkan hal
tersebut kombinasi RT dan PBMP merupakan strategi yang dirasa tepat untuk memberdayakan metakognitif siswa. Tujuan
penelitian ini ialah menjelaskan pengaruh strategi RT dipadu PBMP terhadap kemampuan metakognitif. Rancangan penelitian
yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah
strategi pembelajaran (reciprocal teaching-PBMP). Variabel terikat adalah kemampuan metakognitif Populasi penelitian ialah
seluruh siswa kelas X SMAI Al Ma’Arif Singosari Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen
dan X-4 sebagai kelas kontrol. Kemampuan metakognitif diukur menggunakan inventori MAI (metacognitive awareness
inventory) dan rubrik metakognitif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes,
postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Sebelum uji anakova, dilakukan uji
normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan levene test. Hasil penelitian menunjukkan
strategi pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif dengan rubrik metakognitif dan tidak berpengaruh
dengan menggunakan inventori MAI, Melihat potensi dari RT-PBMP tersebut disarankan agar dalam pembelajaran strategi ini
dapat diaplikasikan, sehingga kemampuan siswa selain kognitif dapat diberdayakan.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, PBMP, Metakognitif
seperti metakognitif kurang diberdayakan. Permasalahan tersebut perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan strategi
pembelajaran reciprocal teaching (RT) dipadu dengan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Strategi RT dan
PBMP diyakini berpotensi untuk mengembangkan kemampuan metakognitif siswa. Selain itu, tingginya aktivitas dan peran
serta siswa dalam kedua strategi ini sangat mendukung untuk memberdayakan kamampuan metakognitif. Berdasarkan hal
tersebut kombinasi RT dan PBMP merupakan strategi yang dirasa tepat untuk memberdayakan metakognitif siswa. Tujuan
penelitian ini ialah menjelaskan pengaruh strategi RT dipadu PBMP terhadap kemampuan metakognitif. Rancangan penelitian
yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah
strategi pembelajaran (reciprocal teaching-PBMP). Variabel terikat adalah kemampuan metakognitif Populasi penelitian ialah
seluruh siswa kelas X SMAI Al Ma’Arif Singosari Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen
dan X-4 sebagai kelas kontrol. Kemampuan metakognitif diukur menggunakan inventori MAI (metacognitive awareness
inventory) dan rubrik metakognitif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes,
postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Sebelum uji anakova, dilakukan uji
normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan levene test. Hasil penelitian menunjukkan
strategi pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif dengan rubrik metakognitif dan tidak berpengaruh
dengan menggunakan inventori MAI, Melihat potensi dari RT-PBMP tersebut disarankan agar dalam pembelajaran strategi ini
dapat diaplikasikan, sehingga kemampuan siswa selain kognitif dapat diberdayakan.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, PBMP, Metakognitif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.