PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN SPELLING PUZZLE DAN CROSSWORD PUZZLE KELAS VII SMP NEGERI 2 GONDANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara
penggunaan strategi spelling puzzle dengan crossword puzzle ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan
di SMP Negeri 2 Gondang Sragen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gondang Sragen tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen I (spelling
puzzle), kelas VII B sebagai kelas eksperimen II (crossword puzzle) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol (konvensional).
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi
dokumentasi dan pemberian test. Teknik analisis data menggunakan uji statistika One-Way Anava melalui program SPSS 16.0
for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran spelling puzzle sebesar (74,21±5,94) lebih tinggi
dari pada menggunakan crossword puzzle sebesar (70,20±4,87) dan konvensional sebesar (67,65±5,87). Hasil uji hipotesis
terlihat bahwa nilai Fhitung (11,213) lebih besar dari Ftabel (3,095), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran spelling puzzle, crossword puzzle dan
konvensional. Hasil uji lanjut anova pada pembelajaran spelling puzzle dan crossword puzzle 0,005<0,05, maka H0 ditolak jadi
terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran spelling puzzle dengan konvensional 0,000<0,05, maka H0 ditolak jadi
terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran crossword puzzle dengan konvensional 0,071>0,05, maka H0 diterima jadi
tidak ada perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunjukan bahwa nilai pembelajaran Spelling Puzzle lebih tinggi dari nilai
pembelajaran Crossword Puzzle dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan
penggunaan pembelajaran Spelling Puzzle, Crossword Puzzle dan konvensional di SMPN 2 Gondang Sragen. Pembelajaran
yang berbeda terlihat dari hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif. Pembelajaran menggunakan Spelling Puzzle lebih
tinggi hasil belajar daripada Crossword Puzzle dan konvensional..
Kata Kunci: Spelling Puzzle, Crossword Puzzle, Hasil Belajar
penggunaan strategi spelling puzzle dengan crossword puzzle ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan
di SMP Negeri 2 Gondang Sragen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gondang Sragen tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen I (spelling
puzzle), kelas VII B sebagai kelas eksperimen II (crossword puzzle) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol (konvensional).
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi
dokumentasi dan pemberian test. Teknik analisis data menggunakan uji statistika One-Way Anava melalui program SPSS 16.0
for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran spelling puzzle sebesar (74,21±5,94) lebih tinggi
dari pada menggunakan crossword puzzle sebesar (70,20±4,87) dan konvensional sebesar (67,65±5,87). Hasil uji hipotesis
terlihat bahwa nilai Fhitung (11,213) lebih besar dari Ftabel (3,095), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran spelling puzzle, crossword puzzle dan
konvensional. Hasil uji lanjut anova pada pembelajaran spelling puzzle dan crossword puzzle 0,005<0,05, maka H0 ditolak jadi
terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran spelling puzzle dengan konvensional 0,000<0,05, maka H0 ditolak jadi
terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran crossword puzzle dengan konvensional 0,071>0,05, maka H0 diterima jadi
tidak ada perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunjukan bahwa nilai pembelajaran Spelling Puzzle lebih tinggi dari nilai
pembelajaran Crossword Puzzle dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan
penggunaan pembelajaran Spelling Puzzle, Crossword Puzzle dan konvensional di SMPN 2 Gondang Sragen. Pembelajaran
yang berbeda terlihat dari hasil belajar biologi aspek kognitif dan afektif. Pembelajaran menggunakan Spelling Puzzle lebih
tinggi hasil belajar daripada Crossword Puzzle dan konvensional..
Kata Kunci: Spelling Puzzle, Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.