PENGEMBANGAN PAKET MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KEHIDUPAN TERKAIT KONSEP IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP SAMARINDA
Abstract
Kenyataan permasalahan yang dialami guru terkait pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA
Biologi di SMP adalah minimnya pemahaman guru dan rendahnya kreativitas guru untuk memanfaatkan media lingkungan
sebagai sumber belajar. Akibatnya bermasalah pada hasil belajar siswa yakni tidak memiliki kemampuan untuk mentransfer
konsep yang telah dipelajari dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari. Secara khusus tujuan penelitian ini
untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dengan mengembangkan paket media pembelajaran berbasis
lingkungan yang ditujukan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan terkait konsep IPA
Biologi di kelas VII SMP. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan tahapan: 1)
Penetapan materi dan standar kompetensi, 2) Analisis kebutuhan, 3) Pengembangan perangkat media pembelajaran, yang
terdiri dari RPP, Lembar Observasi, Rubrik Penilaian, LKS, serta Media Berbasis Lingkungan, 4) Validasi ahli, dan 5) Uji
coba perangkat, yakni uji coba lapangan terbatas. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan menggunakan persentase
pencapaian kemampuan siswa memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep Biologi
menunjukkan hasil yang baik.
Kata Kunci: Media Berbasis Lingkungan, Konsep Biologi.
Biologi di SMP adalah minimnya pemahaman guru dan rendahnya kreativitas guru untuk memanfaatkan media lingkungan
sebagai sumber belajar. Akibatnya bermasalah pada hasil belajar siswa yakni tidak memiliki kemampuan untuk mentransfer
konsep yang telah dipelajari dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari. Secara khusus tujuan penelitian ini
untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dengan mengembangkan paket media pembelajaran berbasis
lingkungan yang ditujukan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan terkait konsep IPA
Biologi di kelas VII SMP. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan tahapan: 1)
Penetapan materi dan standar kompetensi, 2) Analisis kebutuhan, 3) Pengembangan perangkat media pembelajaran, yang
terdiri dari RPP, Lembar Observasi, Rubrik Penilaian, LKS, serta Media Berbasis Lingkungan, 4) Validasi ahli, dan 5) Uji
coba perangkat, yakni uji coba lapangan terbatas. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan menggunakan persentase
pencapaian kemampuan siswa memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep Biologi
menunjukkan hasil yang baik.
Kata Kunci: Media Berbasis Lingkungan, Konsep Biologi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.