MENANAMKAN KETERAMPILAN ILMIAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH MKPBM I MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS RISET
Abstract
Upaya menanamkan keterampilan ilmiah kepada mahasiswa calon pendidik perlu dilakukan, tidak hanya pada mata
kuliah keilmuan Biologi saja namun, juga pada mata kuliah tentang kependidikan. Melalui upaya tersebut, diharapkan
mahasiswa memiliki sikap – sikap yang positif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya ssebagai seorang pendidik.
MKPBM I merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki pemahaman yang utuh
tentang dinamika sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis riset pada perkuliahan
MKPBM I perlu dikaji lebih lanjut. Penelitian ini dilaksanakan mulai Maret – Juni 2013 pada perkuliahan MKPBM I. Terdapat 18
kelompok terdiri 4-5 mahasiswa dengan pemilihan topik dan tempat penelitian yang diminati mahasiswa yaitu SD, SMP, SMA
baik negeri maupun mandiri. Penilaian dilakukan terhadap presentasi dan naskah laporan hasil penelitian. Data dianalisis
secara kualitatif dan deskriptif. Aspek yang dinilai adalah keterampilan menyusun dan mengorganisasi bagian – bagian laporan
yang terdiri dari halaman muka; mendeskripsikan urgensi penelitian; kajian pustaka; metode penelitian; hasil dan pembahsan;
simpulan dan rekomendasi, daftar pustaka dan lampiran. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan dalam
mendeskripsikan hasil dan pembahasan serta menyusun simpulan maupun rekomendasi masih memerlukan pembinaan lebih
lanjut jika dibandingkan aspek penilaian lainnya.
Kata – kata kunci: keterampilan ilmiah, MKPBM I, pembelajaran berbasis riset.
kuliah keilmuan Biologi saja namun, juga pada mata kuliah tentang kependidikan. Melalui upaya tersebut, diharapkan
mahasiswa memiliki sikap – sikap yang positif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya ssebagai seorang pendidik.
MKPBM I merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki pemahaman yang utuh
tentang dinamika sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis riset pada perkuliahan
MKPBM I perlu dikaji lebih lanjut. Penelitian ini dilaksanakan mulai Maret – Juni 2013 pada perkuliahan MKPBM I. Terdapat 18
kelompok terdiri 4-5 mahasiswa dengan pemilihan topik dan tempat penelitian yang diminati mahasiswa yaitu SD, SMP, SMA
baik negeri maupun mandiri. Penilaian dilakukan terhadap presentasi dan naskah laporan hasil penelitian. Data dianalisis
secara kualitatif dan deskriptif. Aspek yang dinilai adalah keterampilan menyusun dan mengorganisasi bagian – bagian laporan
yang terdiri dari halaman muka; mendeskripsikan urgensi penelitian; kajian pustaka; metode penelitian; hasil dan pembahsan;
simpulan dan rekomendasi, daftar pustaka dan lampiran. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan dalam
mendeskripsikan hasil dan pembahasan serta menyusun simpulan maupun rekomendasi masih memerlukan pembinaan lebih
lanjut jika dibandingkan aspek penilaian lainnya.
Kata – kata kunci: keterampilan ilmiah, MKPBM I, pembelajaran berbasis riset.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.