PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS XI SMA DI KOTA BANJARMASIN

Siti Ramdiah

Abstract

Pada era pengetahuan ini dunia pendidikan lebih menekankan pada kompetensi dalam suatu keterampilan salah
satunya keterampilan berpikir, sebagai salah satu cara menghadapi era tersebut yaitu melalui pembelajaran. Paradigma
pembelajaran biologi (sains) diperlukan  pembelajaran student centered, guru diharapkan sebagai fasilitator bagi siswa dalam
proses menemukan informasi. Oleh sebab itu guru harus membantu siswa menjadi pemikir yang baik. Penelitian quasi
eksperimen ini bertujuan mengungkapkan pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan metakognitif dan hasil
belajar biologi, pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar, serta pengaruh interaksi strategi
pembelajaran PQ4R dan gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar  siswa putra dan putri kelas XI SMA
Negeri dan Swasta di kota Banjarmasin. Rancangan penelitian ini  Pretest-postest Non-Equivalent Control Group Design”.
Pengumpulan data variabel terikat melalui tes essay. Penilaian keterampilan metakognitif mengacu pada Corebima (2011)
sedangkan untuk hasil belajar mengacu pada Hart (1994). Data dianalisis dengan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi pembelajaran berpengaruh pada keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa putra dan putri. Berdasarkan
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi PQ4R berpotensi dalam meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil
belajar biologi siswa putra dan putri SMA di Kota Banjarmasin.
 
Kata Kunci : PQ4R, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar, Putra dan Putri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.