PENINGKATAN RESPON AFEKTIF (AFFECTIVE RESPONSE) SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 3 SURAKARTA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING

Putri Agustina, Said Affandi, Najdah Pertiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon afektif  siswa kelas X-1 SMA Negeri Surakarta pada
pembelajaran Biologi melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus masing-masing 2 pertemuan.
Setiap  siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perenca-naan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan
bahwa dengan penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan respon afektif siswa pada pembelajaran
Biologi. Hal ini didasarkan pada hasil observasi, angket, dan wawancara. Rata-rata persentase capaian setiap indikator
respon afektif siswa untuk siklus I 71,71% dan siklus II 74,724% (meningkat 2,514%), rata-rata persentase capaian indikator
angket respon afektif untuk siklus III sebe-sar 76,691% (meningkat 1,96%). Sedangkan rata-rata nilai capaian setiap indi-
ator yang didapat dari hasil observasi respon afektif siswa untuk siklus I sebesar 67,83% dan siklus II 72,058% (meningkat
5,228%), serta pada siklus III sebesar 79,595% (meningkat 7,537%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan respon afektif siswa kelas X-1 SMA Negeri 3 Surakarta
tahun pelajaran 2010/2011.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.