PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SMA SAMARINDA MULTIETNIS

Didimus Tanah Boleng, A. Duran Corebima, Herawati Susilo, H. Ibrohim

Abstract

Sebuah penelitian eksperimen semu dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA multietnis di kota Samarinda. Penelitian
ditujukan untuk  mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, etnis, dan interaksi strategi pembelajaran-etnis terhadap sikap
sosial siswa. Strategi pembelajaran meliputi  Cooperative Script  (CS),  Think Pair Share  (TPS),  CS+TPS, dan pembelajaran
konvensional. Sementara itu, etnis terdiri dari etnis Jawa, Bugis, Banjar, dan Kutai. Penelitian dilakukan selama semester ganjil,
tahun pelajaran 2012/2013. Enam kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah setara berdasarkan skor Ujian Akhir
Nasional. Analisis data menggunakan ancova faktorial  pada taraf signikansi 5% (p<0,05). Berkaitan dengan interaksi antara
strategi pembelajaran dan etnis, hasil analisis data menunjukkan bahwa interaksi berpengaruh terhadap sikap sosial; sikap
sosial pada  kombinasi  TPS+CS  Kutai tertinggi, yaitu 39,9% lebih tinggi dari sikap sosial pada  kombinasi pembelajaran
konvensional Jawa (terendah). Penelitian sejenis perlu dilakukan di masa yang akan datang disamping untuk mendapatkan
informasi lebih.
Kata Kunci: Cooperative Script, Think-Pair-Share, Sikap Sosial, IPA-Biologi, Siswa multietnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.