PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SMA SAMARINDA MULTIETNIS
Abstract
Sebuah penelitian eksperimen semu dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA multietnis di kota Samarinda. Penelitian
ditujukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, etnis, dan interaksi strategi pembelajaran-etnis terhadap sikap
sosial siswa. Strategi pembelajaran meliputi Cooperative Script (CS), Think Pair Share (TPS), CS+TPS, dan pembelajaran
konvensional. Sementara itu, etnis terdiri dari etnis Jawa, Bugis, Banjar, dan Kutai. Penelitian dilakukan selama semester ganjil,
tahun pelajaran 2012/2013. Enam kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah setara berdasarkan skor Ujian Akhir
Nasional. Analisis data menggunakan ancova faktorial pada taraf signikansi 5% (p<0,05). Berkaitan dengan interaksi antara
strategi pembelajaran dan etnis, hasil analisis data menunjukkan bahwa interaksi berpengaruh terhadap sikap sosial; sikap
sosial pada kombinasi TPS+CS Kutai tertinggi, yaitu 39,9% lebih tinggi dari sikap sosial pada kombinasi pembelajaran
konvensional Jawa (terendah). Penelitian sejenis perlu dilakukan di masa yang akan datang disamping untuk mendapatkan
informasi lebih.
Kata Kunci: Cooperative Script, Think-Pair-Share, Sikap Sosial, IPA-Biologi, Siswa multietnis
ditujukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, etnis, dan interaksi strategi pembelajaran-etnis terhadap sikap
sosial siswa. Strategi pembelajaran meliputi Cooperative Script (CS), Think Pair Share (TPS), CS+TPS, dan pembelajaran
konvensional. Sementara itu, etnis terdiri dari etnis Jawa, Bugis, Banjar, dan Kutai. Penelitian dilakukan selama semester ganjil,
tahun pelajaran 2012/2013. Enam kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah setara berdasarkan skor Ujian Akhir
Nasional. Analisis data menggunakan ancova faktorial pada taraf signikansi 5% (p<0,05). Berkaitan dengan interaksi antara
strategi pembelajaran dan etnis, hasil analisis data menunjukkan bahwa interaksi berpengaruh terhadap sikap sosial; sikap
sosial pada kombinasi TPS+CS Kutai tertinggi, yaitu 39,9% lebih tinggi dari sikap sosial pada kombinasi pembelajaran
konvensional Jawa (terendah). Penelitian sejenis perlu dilakukan di masa yang akan datang disamping untuk mendapatkan
informasi lebih.
Kata Kunci: Cooperative Script, Think-Pair-Share, Sikap Sosial, IPA-Biologi, Siswa multietnis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.