POTENSI PENDIDIKAN KEUNGGULAN LOKAL BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI INDONESIA
Abstract
Pembelajaran biologi saat ini kurang memperhatikan proses sains dan penerapan pembelajaran bermakna untuk
menyikapi perkembangan sains dan teknologi. Selain menyumbangkan manfaat positif bagi masyarakat, perkembangan sains
dan teknologi juga mengakibatkan terbentuknya berbagai aktivitas negatif seperti eksplorasi sumber tambang, pemanfaatan
hutan secara bebas, perburuan hewan lindung dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan sikap siswa yang
kokoh dalam mengikuti arus perkembangan sains dan teknologi tetapi masih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Tujuan
penyelenggaraan pendidikan keunggulan lokal adalah agar siswa mengetahui keunggulan lokal daerah tempat tinggal dan
memahami berbagai aspek terkait dengan keunggulan lokal tersebut. Selanjutnya siswa mampu mengolah sekaligus
melestarikan keunggulan lokal. Sedangkan karakter berperan sebagai pondasi agar siswa bersikap bijak dalam
mendayagunakan keunggulan lokal. Dengan demikian pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter berpotensi dalam
pendayagunaan dan pelestarian potensi lokal dengan bijak. Peran pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam
pembelajaran biologi adalah 1) Sebagai sarana pembelajaran kontekstual; 2) Pendayagunaan dan pelestarian keunggulan
lokal; dan 3) Mencetak generasi berkarakter. Oleh karena itu diperlukan upaya pengimplementasian pendidikan keunggulan
lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi. Langkah awal adalah menentukan tema dan jenis keunggulan lokal dan
menentukan pendidikan karakter yang sesuai. Selanjutnya mengemas keduanya menjadi perangkat pembelajaran dan
mengaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah sebagai upaya pemberian bekal bagi siswa untuk terjun ke masyarakat.
Kata kunci: Pendidikan Keunggulan Lokal, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Biologi
menyikapi perkembangan sains dan teknologi. Selain menyumbangkan manfaat positif bagi masyarakat, perkembangan sains
dan teknologi juga mengakibatkan terbentuknya berbagai aktivitas negatif seperti eksplorasi sumber tambang, pemanfaatan
hutan secara bebas, perburuan hewan lindung dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan sikap siswa yang
kokoh dalam mengikuti arus perkembangan sains dan teknologi tetapi masih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Tujuan
penyelenggaraan pendidikan keunggulan lokal adalah agar siswa mengetahui keunggulan lokal daerah tempat tinggal dan
memahami berbagai aspek terkait dengan keunggulan lokal tersebut. Selanjutnya siswa mampu mengolah sekaligus
melestarikan keunggulan lokal. Sedangkan karakter berperan sebagai pondasi agar siswa bersikap bijak dalam
mendayagunakan keunggulan lokal. Dengan demikian pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter berpotensi dalam
pendayagunaan dan pelestarian potensi lokal dengan bijak. Peran pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam
pembelajaran biologi adalah 1) Sebagai sarana pembelajaran kontekstual; 2) Pendayagunaan dan pelestarian keunggulan
lokal; dan 3) Mencetak generasi berkarakter. Oleh karena itu diperlukan upaya pengimplementasian pendidikan keunggulan
lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi. Langkah awal adalah menentukan tema dan jenis keunggulan lokal dan
menentukan pendidikan karakter yang sesuai. Selanjutnya mengemas keduanya menjadi perangkat pembelajaran dan
mengaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah sebagai upaya pemberian bekal bagi siswa untuk terjun ke masyarakat.
Kata kunci: Pendidikan Keunggulan Lokal, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Biologi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.