PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP KETERCAPAIAN UNNES SEBAGAI KAMPUS KONSERVASI UNTUK MENUJU PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Sri Ngabekti

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa peserta kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup
terhadap ketercapaian UNNES sebagai kampus konservasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
dengan responden sebanyak  101 mahasiswa  dari  5 fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah PLH sangat
besar kontribusinya untuk membekali mahasiswa terlibat dalam upaya konservasi kampus. Pelaksanaan 7 pilar konservasi
yang dimulai sejak tahun 2010, menurut 94,5% mahasiswa menyatakan cukup sampai sangat baik. Beberapa hal yang perlu
ditingkatkan adalah  menambah keanekaragaman spesies tumbuhan, tidak hanya tanaman keras, tetapi juga buah-buahan dan
tanaman berbunga dengan struktur tajuk berlapis sehingga menyediakan habitat dan makanan bagi fauna. Kebersihan toilet
dan kelancaran persediaan air perlu dijaga, trasportasi internal kampus disediakan dengan kendaraan bebas polutan.
Kesadaran mahasiswa untuk membuang sampah dengan pemilahan masih perlu ditingkatkan, demikian pula  kebijakan
nirkertas dan penggunaan energi bersih.  Jika hal ini terwujud maka pembangunan berkelanjutan di kampus UNNES akan
terwujud.
Kata kunci: Persepsi Mahasiswa PLH, Kampus konservasi, Pembengunan Berkelanjutan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.