LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARANGURU IPA-BIOLOGI SMPN DI KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Tujuan umum kegiatan Lesson Study/LS ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di SMPN Kabupaten
Ponorogo. Tujuan khusus (a) guru IPA-Biologi dapat mengembangkan RPP dan perangkatnya, (b) Guru IPA-Biologi dapat
melaksanakan open lesson sesuai dengan RPP dan perangkat yang dibuat, (c) Guru IPA-Biologi dapat melaksanakan LS.
Sasaran LS adalah 7 (tujuh) guru IPA-Biologi di SMPN dari berbagai katagori, termasuk Sekolah Pelayanan Minimum di
Kabupaten Ponorogo. Metode yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut melalui kegiatan Workshop, Pendampingan I,
dan Pendampingan II. Pada saat Workshop guru IPA-Biologi menghasilkan perangkat yang akan digunakan dalam LS
sedangkannarasumber melakukan modelling dari RPP dan LKS Inkuiri yang dicontohkan. Pelaksanaan Pendampingan I dan
Pendampingan II menggunakan LS yang meliputi fase Plan, Do dan See. Hasil kegiatan LS menunjukkan 7 guru IPA-Biologi
sudah dapat menyusun RPP dan perangkatnya, hanya 4 guru yang dapat melaksanakan open lesson, dari empat guru IPA-
Biologi yang menjadi model, dua guru mengalami peningkatan kemampuan mengajar, satu guru tidak mengalami peningkatan,
dan satu guru sudah mempunyai kemampuan mengajar sangat baik.
Kata Kunci: Lesson Study, Guru IPA-Biologi, Kemampuan Mengajar
Ponorogo. Tujuan khusus (a) guru IPA-Biologi dapat mengembangkan RPP dan perangkatnya, (b) Guru IPA-Biologi dapat
melaksanakan open lesson sesuai dengan RPP dan perangkat yang dibuat, (c) Guru IPA-Biologi dapat melaksanakan LS.
Sasaran LS adalah 7 (tujuh) guru IPA-Biologi di SMPN dari berbagai katagori, termasuk Sekolah Pelayanan Minimum di
Kabupaten Ponorogo. Metode yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut melalui kegiatan Workshop, Pendampingan I,
dan Pendampingan II. Pada saat Workshop guru IPA-Biologi menghasilkan perangkat yang akan digunakan dalam LS
sedangkannarasumber melakukan modelling dari RPP dan LKS Inkuiri yang dicontohkan. Pelaksanaan Pendampingan I dan
Pendampingan II menggunakan LS yang meliputi fase Plan, Do dan See. Hasil kegiatan LS menunjukkan 7 guru IPA-Biologi
sudah dapat menyusun RPP dan perangkatnya, hanya 4 guru yang dapat melaksanakan open lesson, dari empat guru IPA-
Biologi yang menjadi model, dua guru mengalami peningkatan kemampuan mengajar, satu guru tidak mengalami peningkatan,
dan satu guru sudah mempunyai kemampuan mengajar sangat baik.
Kata Kunci: Lesson Study, Guru IPA-Biologi, Kemampuan Mengajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.