META-ANALISIS SKRIPSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI, FMIPA UM TAHUN 2010
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil PTK mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM tahun 2010 dan
kesesuaiannya yang meliputi: (1) gambaran permasalahan penelitian, (2) upaya penanganan masalah, (3) prosedur penelitian,
dan (4) hasil penelitian. Meta-analisis kualitatif dengan menggunakan metode sintesis kualitatif Ogawa dan Malen dalam Gall
(2003) terhadap PTK dilakukan melalui studi dokumen di Perpustakaan Pusat UM. Populasi penelitian adalah seluruh skripsi
mahasiswa Biologi program studi S1 Pendidikan Biologi tahun 2010 yang berupa PTK. Pengambilan sampel menggunakan
strategi sampel homogen (Gall, 2003). Sampel adalah 16 skripsi PTK yang menerapkan satu metode pembelajaran. Data
diperoleh menggunakan instrumen tabulasi data, ringkasan hasil penelitian dan panduan analisis data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) gambaran permasalahan penelitian: (a) permasalahan yang sering diangkat dalam skripsi PTK tahun
2010 yaitu masalah penyampaian materi, (b) masalah penelitian yang dialami sendiri oleh guru sebagai peneliti hanya terdapat
dalam satu skripsi (6,25%). (2) Upaya penanganan masalah: (a) tindakan penanganan masalah yang sering dilakukan yaitu
menggunakan strategi kooperatif (75%), (b) jenis masalah yang sering ditanggulangi adalah masalah motivasi dan hasil belajar
siswa (56,25%), dan (c) ada yang belum sesuai antara upaya yang dilakukan dengan permasalahan yang diangkat dalam 5
skripsi (31,25%). (3) Prosedur penelitian: (a) semua skripsi PTK tahun 2010 sudah mengikuti fase-fase yang ada dalam PTK,
(b) semua skripsi PTK sudah menuliskan refleksi dari tindakan dan observasi yang dilakukan, (4) Hasil penelitian: (a) hasil
penelitian yang sering dibahas yaitu peningkatan/perbaikan oleh siswa saja (50%) dan peningkatan/perbaikan oleh siswa dan
guru (50%), dan (b) sebagian besar kesimpulan dari PTK yang ditulis dalam skripsi adalah tindakan yang dilakukan oleh peneliti
dapat menanggulangi masalah penelitian (93,75%).
Kata kunci : Meta-Analisis, Skripsi PTK, Mahasiswa Biologi, FMIPA UM
kesesuaiannya yang meliputi: (1) gambaran permasalahan penelitian, (2) upaya penanganan masalah, (3) prosedur penelitian,
dan (4) hasil penelitian. Meta-analisis kualitatif dengan menggunakan metode sintesis kualitatif Ogawa dan Malen dalam Gall
(2003) terhadap PTK dilakukan melalui studi dokumen di Perpustakaan Pusat UM. Populasi penelitian adalah seluruh skripsi
mahasiswa Biologi program studi S1 Pendidikan Biologi tahun 2010 yang berupa PTK. Pengambilan sampel menggunakan
strategi sampel homogen (Gall, 2003). Sampel adalah 16 skripsi PTK yang menerapkan satu metode pembelajaran. Data
diperoleh menggunakan instrumen tabulasi data, ringkasan hasil penelitian dan panduan analisis data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) gambaran permasalahan penelitian: (a) permasalahan yang sering diangkat dalam skripsi PTK tahun
2010 yaitu masalah penyampaian materi, (b) masalah penelitian yang dialami sendiri oleh guru sebagai peneliti hanya terdapat
dalam satu skripsi (6,25%). (2) Upaya penanganan masalah: (a) tindakan penanganan masalah yang sering dilakukan yaitu
menggunakan strategi kooperatif (75%), (b) jenis masalah yang sering ditanggulangi adalah masalah motivasi dan hasil belajar
siswa (56,25%), dan (c) ada yang belum sesuai antara upaya yang dilakukan dengan permasalahan yang diangkat dalam 5
skripsi (31,25%). (3) Prosedur penelitian: (a) semua skripsi PTK tahun 2010 sudah mengikuti fase-fase yang ada dalam PTK,
(b) semua skripsi PTK sudah menuliskan refleksi dari tindakan dan observasi yang dilakukan, (4) Hasil penelitian: (a) hasil
penelitian yang sering dibahas yaitu peningkatan/perbaikan oleh siswa saja (50%) dan peningkatan/perbaikan oleh siswa dan
guru (50%), dan (b) sebagian besar kesimpulan dari PTK yang ditulis dalam skripsi adalah tindakan yang dilakukan oleh peneliti
dapat menanggulangi masalah penelitian (93,75%).
Kata kunci : Meta-Analisis, Skripsi PTK, Mahasiswa Biologi, FMIPA UM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.