ANALISIS RUBRIK PENILAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014

Anik Andini, Sulistiono Sulistiono, Dwi Ari Budiretnani

Abstract

Rubrik penilaian merupakan panduan bagi guru dalam memberikan skor atau tingkatan dari hasil pekerjaan siswa.
Rubrik yang dibuat guru dapat memberikan rincian secara tepat dalam melakukan penilaian terhadap aspek kognitif, afektif dan
psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas rubrik penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang disusun oleh guru kelas IV SD di Kota Kediri . Sebanyak 15 RPP kelas IV Semester 1 diambil secara acak
kemudian dianalisis kualitas rubrik penilaiannya. Parameter yang digunakan untuk menilai kualitas rubrik penilaian meliputi:
kelengkapan rubrik (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) dan ketepatan dalam penskoran untuk setiap aspek dan kesesuaian
dengan kisi-kisi. Secara umum rubrik penilaian dalam RPP yang dibuat guru masih sangat kurang lengkap, karena hanya
mencantumkan aspek kognitif saja, sedangkan untuk aspek afektif dan psikomotor tidak ada rubrik penilaiannya. Selain itu skor
di dalam rubrik penilaian untuk soal uraian juga tidak dilengkapi dengan kriteria.  
Kata kunci: Analisis, Rubrik Penilaian, RPP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.