PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 8 SAMARINDA
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar dan
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 8 Samarinda Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk
meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dan tingkat rendah
pada mata pelajaran biologi, 2) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pria dan wanita. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 8 Samarinda. Penelitian ini menguraikan peningkatan hasil belajar siswa
dan kemampuan berpikir kritis siswa baik yang memiliki kemampuan tingkat tinggi maupun rendah dan aktivitas tindak guru
dengan menggunakan analisa rata-rata hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, persentase dan skor peningkatannya
untuk setiap siklus tindakan. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan hasil belajar
baik pada siklus I, siklus II dan Siklus III, 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat
meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dan tingkat rendah. 2)
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan
berpikir kritis siswa pria dan wanita.
Kata kunci : Kooperatif Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 8 Samarinda Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk
meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dan tingkat rendah
pada mata pelajaran biologi, 2) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pria dan wanita. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 8 Samarinda. Penelitian ini menguraikan peningkatan hasil belajar siswa
dan kemampuan berpikir kritis siswa baik yang memiliki kemampuan tingkat tinggi maupun rendah dan aktivitas tindak guru
dengan menggunakan analisa rata-rata hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, persentase dan skor peningkatannya
untuk setiap siklus tindakan. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan hasil belajar
baik pada siklus I, siklus II dan Siklus III, 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat
meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dan tingkat rendah. 2)
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan
berpikir kritis siswa pria dan wanita.
Kata kunci : Kooperatif Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.