PEMBELAJARAN ETNOBOTANI SEBAGAI ALTERNATIF MUATAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR WILAYAH PEDALAMAN
Abstract
Etnobotani merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari hubungan timbal-balik secara menyeluruh antara
masyarakat lokal dengan sumberdaya alam tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mempelajari potensi lokal
tumbuhan bermanfaat di wilayah pedalaman/pedesaan, (2) mempelajari pengetahuan etnobotani siswa sekolah dasar di
wilayah pedalaman, (3) mengimlementasikan hasil penelitian sebagai muatan lokal di wilayah pedalaman. Hasil survey
menunjukkan bahwa 75% siswa kelas 6 SD di wilayah pedalaman Kalimantan Tengah tidak mengenal jenis-jenis tumbuhan
bermanfaat yang ada di lingkungannya. Mengingat pentingnya materi etnobotani untuk dibelajarkan pada siswa, maka
etnobotani perlu diintegrasikan dalam materi muatan lokal sebagai pengetahuan botani tradisional yang dimiliki masyarakat
setempat di wilayah pedalaman.
Kata Kunci: Etnobotani, Muatan Lokal, Wilayah Pedalaman
masyarakat lokal dengan sumberdaya alam tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mempelajari potensi lokal
tumbuhan bermanfaat di wilayah pedalaman/pedesaan, (2) mempelajari pengetahuan etnobotani siswa sekolah dasar di
wilayah pedalaman, (3) mengimlementasikan hasil penelitian sebagai muatan lokal di wilayah pedalaman. Hasil survey
menunjukkan bahwa 75% siswa kelas 6 SD di wilayah pedalaman Kalimantan Tengah tidak mengenal jenis-jenis tumbuhan
bermanfaat yang ada di lingkungannya. Mengingat pentingnya materi etnobotani untuk dibelajarkan pada siswa, maka
etnobotani perlu diintegrasikan dalam materi muatan lokal sebagai pengetahuan botani tradisional yang dimiliki masyarakat
setempat di wilayah pedalaman.
Kata Kunci: Etnobotani, Muatan Lokal, Wilayah Pedalaman
Refbacks
- There are currently no refbacks.