PENGGUNAAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIAH SE-JAKARTA SELATAN

Yanti Herlanti, Zulfiani Zulfiani, Aan Arnasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan pendekatan inkuiri di beberapa Madrasah Aliyah (MA) di
Jakarta Seletan.  Survei dilakukan pada lima Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan satu Madarasah Aliyah Swasta (MAS).  Data
penelitian dijaring melalui kuisioner pada 6 guru dan 617 siswa, observasi pada saat pelaksanaan praktikum, dan analisis
dokumen rencana pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukan MA di Jakarta Selatan sudah menerapkan inkuiri, sebagian
besar menerapkan pendekatan inkuiri terstruktur.  Hanya sedikit yang telah menerapkan inkuiri terbimbing.  Kebanyakan guru
menerapkan telah komponen inkuiri melaksanakan penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat
kesimpulan.  
Kata Kunci : Pendekatan Inkuiri, Pembelajaran Biologi, Inkuiri Terbimbing dan Terstruktur.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.