PENERAPAN STRATEGI PDEODE DALAM MENGATASI MISKONSEPSI DAN MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA BOTANI TUMBUHAN RENDAH
Abstract
Era globalisasi abad 21 ini menuntut sumber daya manusia berkualitas yang mampu menguasai konsep-konsep
dasar sains, matematika, rekayasa, dan teknologi agar dapat berpikir kritis tentang dunia ini dan membuat keputusan cerdas
dalam isu-isu pribadi dan kemasyarakatan. Untuk menerima tantangan tersebut pemahaman konsep yang benar dan berpikir
kritis terhadap suatu materi ajar sangat dibutuhkan, namun dalam mata kuliah botani tumbuhan rendah masih terdapat
miskonsepsi (kesalahan konsep), dan berakibat rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. PDEODE merupakan
strategi belajar yang tepat untuk membenahi miskonsepsi dan sekaligus meningkatkan ketrampilan berpikir kritis.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Berpikir Kritis, Botani Tumbuhan Rendah, PDEODE
dasar sains, matematika, rekayasa, dan teknologi agar dapat berpikir kritis tentang dunia ini dan membuat keputusan cerdas
dalam isu-isu pribadi dan kemasyarakatan. Untuk menerima tantangan tersebut pemahaman konsep yang benar dan berpikir
kritis terhadap suatu materi ajar sangat dibutuhkan, namun dalam mata kuliah botani tumbuhan rendah masih terdapat
miskonsepsi (kesalahan konsep), dan berakibat rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. PDEODE merupakan
strategi belajar yang tepat untuk membenahi miskonsepsi dan sekaligus meningkatkan ketrampilan berpikir kritis.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Berpikir Kritis, Botani Tumbuhan Rendah, PDEODE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.