PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM PERKULIAHAN TAKSONOMI TUMBUHAN TINGGI DI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Wisanti Wisanti, Endang Susantini, Novita Kartika Indah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penerapan tutor sebaya  dalam
perkuliahan Taksonomi Tumbuhan  Tinggi di prodi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya.  Tutor sebaya
diterapkan dalam perkuliahan Taksonomi Tumbuhan Tinggi (TTT) untuk mahasiswa yang nilai Ujian Sub Sumatif (USS) tidak
mencapai kategori B ( ≥ 70) sebagai tutee dan yang memperoleh nilai > 70 sebagai tutor. Setelah mengikuti pembelajaran tutor
sebaya, mahasiswa tutee mengikuti  remedial test.Penelitian ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  desain pre
ekperimental yaitu one group Pre-Test Post-Test design. Adapun prosedurnya meliputi tahap utama yaitu  melaksanakan USS,
menentukan subyek penelitian, menerapkan tutor sebaya, melaksanakan   remidial test, menggali respon mahasiswa terhadap
pembelajaran tutor sebaya. Subyek penelitian ini sebanyak 52 mahasiswa angkatan 2011 prodi Pendidikan Biologi.  Data
penelitian berupa nilai USS dan nilai remedial test   dianalisis secara statistik  paired t-test dan secara deskriptif.Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata skor USS gymnopsermae   sebesar  55.42 dan rata-rata nilai remedial test  sebesar 72,69;  nilai t  hitung
> t tabel yaitu  4.176 > 2.087 dengan taraf signifikan 0,01. Untuk materi angiospermae   rata-rata skor  USS sebesar  63,034
dan rata-rata skor remedial test  sebesar 75; nilai t  hitung > t tabel yaitu  11.26 > 2.678 dengan taraf signifikan 0,01. Dengan
demikian   terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat  signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan tutor sebaya.
Jelas, bahwa tutor sebaya efektif diterapkan di perkuliahan TTT. Di samping itu, mahasiswa memberikan respon baik terhadap
aspek keterlaksanaan tutor sebaya maupun aspek keterlibatan tutor.
 
Kata Kunci: Tutor Sebaya, Efektivitas, Taksonomi Tumbuhan Tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.