STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INSTAD DIPADU CONCEPT MAP DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara
model pembelajaran INSTAD dipadu concept map dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran
biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk dalam
eksperimen semu (Quasy experiment). Desain penelitian adalah Post-Test Only with Nonequivalent Group
dengan menggunakan kelas eksperimen (penerapan model pembelajaran INSTAD dipadu concept map) dan
kelas perbandingan (penerapan pembelajaran konvensional). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 188. Teknik pengambilan sampel
dengan cluster sampling dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan perbandingan. Kelas yang
digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 6 dan kelas perbandingan adalah kelas XI IPA 5.
Sampel berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, lembar observasi, angket,
dan dokumentasi sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Nilai uji t didapatkan sebesar -4,926 serta
signifikansi 0,000 (signifikansi<0,05). Sintaks model pembelajaran INSTAD dipadu concept map terlaksana
dengan baik. Siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran INSTAD dipadu concept map
yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis. Simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan
berpikir kritis antara model pembelajaran INSTAD dipadu concept map dengan pembelajaran konvensional
pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran INSTAD, concept map, pembelajaran konvensional
model pembelajaran INSTAD dipadu concept map dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran
biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk dalam
eksperimen semu (Quasy experiment). Desain penelitian adalah Post-Test Only with Nonequivalent Group
dengan menggunakan kelas eksperimen (penerapan model pembelajaran INSTAD dipadu concept map) dan
kelas perbandingan (penerapan pembelajaran konvensional). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 188. Teknik pengambilan sampel
dengan cluster sampling dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan perbandingan. Kelas yang
digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 6 dan kelas perbandingan adalah kelas XI IPA 5.
Sampel berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, lembar observasi, angket,
dan dokumentasi sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Nilai uji t didapatkan sebesar -4,926 serta
signifikansi 0,000 (signifikansi<0,05). Sintaks model pembelajaran INSTAD dipadu concept map terlaksana
dengan baik. Siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran INSTAD dipadu concept map
yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis. Simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan
berpikir kritis antara model pembelajaran INSTAD dipadu concept map dengan pembelajaran konvensional
pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran INSTAD, concept map, pembelajaran konvensional
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.