PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTION LEARNING TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Irfana Fauziah, Meti Indrowati, Joko Ariyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat internalisasi karakter (peduli,
cerdas, mandiri, dan tanggung jawab) antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan  Action Learning.
Penelitian ini termasuk dalam  quasi eksperiment  dengan desain penelitian  Nonequivalent Control Group
Design.  Penelitian ini menerapkan  strategi  pembelajaran  Action Learning    pada kelompok eksperimen dan
pembelajaran  konvensional  dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab pada kelompok kontrol.  
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.  Teknik
pengambilan sampel dengan cluster sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIG sebagai kelompok eksperimen
dan VIIIH sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket internalisasi karakter, tes
pilihan ganda  (internalisasi karakter cerdas), lembar observasi, dan  rubrik internalisasi karakter. Uji hipotesis
menggunakan uji Anakova dengan pretes sebagai kovariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa  strategi
Action Learning  berperan nyata dalam menginternalisasikan karakter (peduli, cerdas, mandiri, dan tanggung
jawab) siswa dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci : Action Learning, pendidikan karakter, karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.