PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTION LEARNING TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat internalisasi karakter (peduli,
cerdas, mandiri, dan tanggung jawab) antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan Action Learning.
Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group
Design. Penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran Action Learning pada kelompok eksperimen dan
pembelajaran konvensional dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab pada kelompok kontrol.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Teknik
pengambilan sampel dengan cluster sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIG sebagai kelompok eksperimen
dan VIIIH sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket internalisasi karakter, tes
pilihan ganda (internalisasi karakter cerdas), lembar observasi, dan rubrik internalisasi karakter. Uji hipotesis
menggunakan uji Anakova dengan pretes sebagai kovariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi
Action Learning berperan nyata dalam menginternalisasikan karakter (peduli, cerdas, mandiri, dan tanggung
jawab) siswa dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci : Action Learning, pendidikan karakter, karakter
cerdas, mandiri, dan tanggung jawab) antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan Action Learning.
Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group
Design. Penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran Action Learning pada kelompok eksperimen dan
pembelajaran konvensional dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab pada kelompok kontrol.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Teknik
pengambilan sampel dengan cluster sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIG sebagai kelompok eksperimen
dan VIIIH sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket internalisasi karakter, tes
pilihan ganda (internalisasi karakter cerdas), lembar observasi, dan rubrik internalisasi karakter. Uji hipotesis
menggunakan uji Anakova dengan pretes sebagai kovariat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi
Action Learning berperan nyata dalam menginternalisasikan karakter (peduli, cerdas, mandiri, dan tanggung
jawab) siswa dalam pembelajaran biologi.
Kata Kunci : Action Learning, pendidikan karakter, karakter
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.