ANALISIS KECENDERUNGAN METODOE PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNS
Abstract
Metodologi merupakan salah satu bagian penting dalam suatu penelitian ilmiah (termasuk Skripsi).
Dikatakan penting karena metode yang digunakan menentukan cara pengambilan dan pengolahan data
penelitian, termasuk penggeneralisasian hasil yang merupakan simpulan penelitian. Hasil observasi awal
menunjukkan bahwa metode penelitian Skripsi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS
bervariasi, namun belum teridentifikasi sehingga belum diketahui arah kecenderungannya secara pasti.
Sementara, informasi tentang kecenderungan metode penelitian serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
merupakan informasi penting dalam pengembangan kurikulum maupun dasar pengambilan kebijakan terkait
upaya peningkatan mutu akademik di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui arah kecenderungan metode yang digunakanan oleh mahasiswa di Program Studi
Pendidikan Biologi FKIP UNS dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Obyek penelitian adalah Skripsi
mahahiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS Tahun Akademik 2011-2012. Data dijaring
menggunakan teknik non-tes melalui interview, angket, dan dokumentasi, dan selanjutnya dianalisis secara
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode penelitian Skripsi mahasiswa di Program
Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS bervariasi meliputi metode kualitatif (dalam bentuk penelitian tindakan
kelas/PTK) dan metode kuantitatif (dalam bentuk kuasi eksperimen); 2) Ada beberapa faktor yang turut
menentukan pemilihan metode penelitian diantaranya: dosen pembimbing Skripsi; kompetensi mahasiswa; dan
pengaruh teman.
Kata Kunci: Metode Kualitatif Dan Metode Kuantitatif.
Dikatakan penting karena metode yang digunakan menentukan cara pengambilan dan pengolahan data
penelitian, termasuk penggeneralisasian hasil yang merupakan simpulan penelitian. Hasil observasi awal
menunjukkan bahwa metode penelitian Skripsi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS
bervariasi, namun belum teridentifikasi sehingga belum diketahui arah kecenderungannya secara pasti.
Sementara, informasi tentang kecenderungan metode penelitian serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
merupakan informasi penting dalam pengembangan kurikulum maupun dasar pengambilan kebijakan terkait
upaya peningkatan mutu akademik di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui arah kecenderungan metode yang digunakanan oleh mahasiswa di Program Studi
Pendidikan Biologi FKIP UNS dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Obyek penelitian adalah Skripsi
mahahiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS Tahun Akademik 2011-2012. Data dijaring
menggunakan teknik non-tes melalui interview, angket, dan dokumentasi, dan selanjutnya dianalisis secara
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode penelitian Skripsi mahasiswa di Program
Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS bervariasi meliputi metode kualitatif (dalam bentuk penelitian tindakan
kelas/PTK) dan metode kuantitatif (dalam bentuk kuasi eksperimen); 2) Ada beberapa faktor yang turut
menentukan pemilihan metode penelitian diantaranya: dosen pembimbing Skripsi; kompetensi mahasiswa; dan
pengaruh teman.
Kata Kunci: Metode Kualitatif Dan Metode Kuantitatif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.