PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PHOTOVOICE: BELAJAR DARI POTRET ALAM
Abstract
Menciptakan kebersihan dan pelestarian lingkungan merupakan sinergi antara pemerintah, masyarakat dan swasta.
Dalam masyarakat, budaya mencintai lingkungan dapat ditanamkan di lingkungan keluarga dan sekolah. Siswa sejak dini
diperkenalkan pada krisis lingkungan dan isu-isu lingkungan. Siswa tidak sekadar mempelajari permasalahan lingkungan hidup,
namun juga melatih sikap dan perilaku peduli pada lingkungan. Contoh-contoh nyata pemeliharaan lingkungan dapat
diberikan oleh guru agar siswa lebih mencintai lingkungan. Di samping model pembelajaran yang menarik, mengaitkan
materi dengan dunia nyata, guru juga dituntut mampu mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya, teknologi
komunikasi seperti telepon genggam. Pembelajaran menggunakan media photovoice cukup ampuh digunakan untuk
meningkatkan pemahaman para siswa. Dengan media photovoice, siswa diberikan kesempatan lebih dalam mengemukakan
pendapat melalui hasil bidikan kamera sendiri. Kamera yang digunakan berupa kamera saku ataupun kamera yang terintegrasi
pada telepon genggam milik siswa. Media yang menggunakan foto dan narasi dapat melatih siswa untuk mengemukakan
pendapat dan ide, serta memotivasi siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan.Di sisi lain, guru diberikan kesempatan lebih
untuk mendengarkan pendapat dan pandangan siswanya. Selain itu, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
menyiapkan topik-topik menarik yang akan menjadi sasaran lensa siswa. Makalah ini merupakan gagasan yang mencoba
memberikan masukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran terkait lingkungan yang lebih efektif, menarik, dan
menyenangkan. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengubah perilaku dan pola pandang siswa sejak dini ke arah yang positif
terkait dengan masalah lingkungan. Photovoice juga dimaksudkan untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan siswa
akan lingkungan. Dengan melakukan kajian pustaka, diharapkan dapat ditemukan media pembelajaran yang dapat
meningkatkan kualitas dan kuantitas pemerhati lingkungan, menghasilkan sumber daya manusia yang berpengetahuan,
berketerampilan, bersikap dan berperilaku serta mempunyai komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan.
Kata Kunci: Pembelajaran, Media Photovoice, Lensa
Dalam masyarakat, budaya mencintai lingkungan dapat ditanamkan di lingkungan keluarga dan sekolah. Siswa sejak dini
diperkenalkan pada krisis lingkungan dan isu-isu lingkungan. Siswa tidak sekadar mempelajari permasalahan lingkungan hidup,
namun juga melatih sikap dan perilaku peduli pada lingkungan. Contoh-contoh nyata pemeliharaan lingkungan dapat
diberikan oleh guru agar siswa lebih mencintai lingkungan. Di samping model pembelajaran yang menarik, mengaitkan
materi dengan dunia nyata, guru juga dituntut mampu mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya, teknologi
komunikasi seperti telepon genggam. Pembelajaran menggunakan media photovoice cukup ampuh digunakan untuk
meningkatkan pemahaman para siswa. Dengan media photovoice, siswa diberikan kesempatan lebih dalam mengemukakan
pendapat melalui hasil bidikan kamera sendiri. Kamera yang digunakan berupa kamera saku ataupun kamera yang terintegrasi
pada telepon genggam milik siswa. Media yang menggunakan foto dan narasi dapat melatih siswa untuk mengemukakan
pendapat dan ide, serta memotivasi siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan.Di sisi lain, guru diberikan kesempatan lebih
untuk mendengarkan pendapat dan pandangan siswanya. Selain itu, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
menyiapkan topik-topik menarik yang akan menjadi sasaran lensa siswa. Makalah ini merupakan gagasan yang mencoba
memberikan masukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran terkait lingkungan yang lebih efektif, menarik, dan
menyenangkan. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengubah perilaku dan pola pandang siswa sejak dini ke arah yang positif
terkait dengan masalah lingkungan. Photovoice juga dimaksudkan untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan siswa
akan lingkungan. Dengan melakukan kajian pustaka, diharapkan dapat ditemukan media pembelajaran yang dapat
meningkatkan kualitas dan kuantitas pemerhati lingkungan, menghasilkan sumber daya manusia yang berpengetahuan,
berketerampilan, bersikap dan berperilaku serta mempunyai komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan.
Kata Kunci: Pembelajaran, Media Photovoice, Lensa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.