PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR SEBAGAI MODEL PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran
berbasis projek (Project Based Learning/PBL) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada perkuliahan
Fisiologi Hewan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen
dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi dan sebagai sampel adalah mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Biologi rombel 1,2,dan 3 tahun
ajaran 2010 / 2011 yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Pengambilan sampel dengan teknik
purposive random sampling. Sebagai variabel bebas adalah penerapan model PBL dengan pendekatan JAS,
sedangkan sebagai variabel terikat adalah efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dilihat dari hasil
belajar, aktivitas siswa dan keterlaksanaan kegiatan yang diprogramkan. Sumber data penelitian adalah
mahasiswa. Data yang diambil adalah nilai ujian tulis, nilai laporan, nilai presentasi , aktivitas mahasiswa serta
tanggapan keterlaksanaan PBL dengan pendekatan JAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model PBL dengan pendekatan JAS telah dapat mencapai indikator-indikator yang ditetapkan yaitu mahasiswa
yang memperoleh nilai minimal B mencapai 70%, tanpa nilai D dan E, mahasiswa dengan kriteria keaktifan
pada kategori tinggi dan sangat tinggi mencapai minimal 80%, dan tingkat keterlaksanaan kegiatan dalam
pembelajaran berbasis projek dengan pendekatan JAS mencapai 80%. Simpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis projek dengan pendekatan JAS pada perkuliahan Fisiologi
Hewan efektif diterapkan.
Kata Kunci : Pendekatan JAS, Pembelajaran Berbasis Projek, Mata Kuliah Fisiologi Hewan
berbasis projek (Project Based Learning/PBL) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada perkuliahan
Fisiologi Hewan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen
dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi dan sebagai sampel adalah mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Biologi rombel 1,2,dan 3 tahun
ajaran 2010 / 2011 yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Pengambilan sampel dengan teknik
purposive random sampling. Sebagai variabel bebas adalah penerapan model PBL dengan pendekatan JAS,
sedangkan sebagai variabel terikat adalah efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dilihat dari hasil
belajar, aktivitas siswa dan keterlaksanaan kegiatan yang diprogramkan. Sumber data penelitian adalah
mahasiswa. Data yang diambil adalah nilai ujian tulis, nilai laporan, nilai presentasi , aktivitas mahasiswa serta
tanggapan keterlaksanaan PBL dengan pendekatan JAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model PBL dengan pendekatan JAS telah dapat mencapai indikator-indikator yang ditetapkan yaitu mahasiswa
yang memperoleh nilai minimal B mencapai 70%, tanpa nilai D dan E, mahasiswa dengan kriteria keaktifan
pada kategori tinggi dan sangat tinggi mencapai minimal 80%, dan tingkat keterlaksanaan kegiatan dalam
pembelajaran berbasis projek dengan pendekatan JAS mencapai 80%. Simpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis projek dengan pendekatan JAS pada perkuliahan Fisiologi
Hewan efektif diterapkan.
Kata Kunci : Pendekatan JAS, Pembelajaran Berbasis Projek, Mata Kuliah Fisiologi Hewan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.