PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR SEBAGAI MODEL PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN

Aditya Marianti, Wulan Christijanti, Wiwi Isnaeni

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan  untuk menguji  efektivitas penerapan model  pembelajaran
berbasis projek (Project Based Learning/PBL) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada perkuliahan
Fisiologi Hewan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen
dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi dan sebagai sampel adalah mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Biologi rombel 1,2,dan 3 tahun
ajaran 2010  / 2011 yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Pengambilan sampel dengan teknik
purposive random sampling. Sebagai variabel bebas adalah penerapan model PBL dengan pendekatan JAS,
sedangkan sebagai variabel terikat  adalah efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dilihat dari hasil
belajar, aktivitas siswa dan keterlaksanaan kegiatan yang diprogramkan.  Sumber data penelitian adalah
mahasiswa. Data yang diambil adalah nilai ujian  tulis, nilai laporan, nilai presentasi , aktivitas mahasiswa serta
tanggapan keterlaksanaan PBL dengan pendekatan JAS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model PBL dengan pendekatan JAS telah dapat mencapai  indikator-indikator yang ditetapkan yaitu mahasiswa
yang memperoleh nilai minimal B mencapai 70%, tanpa nilai D dan E, mahasiswa dengan kriteria keaktifan
pada kategori tinggi  dan sangat tinggi mencapai minimal 80%, dan tingkat keterlaksanaan kegiatan dalam
pembelajaran berbasis projek dengan pendekatan JAS mencapai 80%.  Simpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis projek dengan pendekatan JAS pada perkuliahan Fisiologi
Hewan efektif diterapkan.
 
Kata Kunci : Pendekatan JAS,  Pembelajaran Berbasis Projek, Mata Kuliah Fisiologi Hewan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.