MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X-7 SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA PADA MATERI PROTISTA DENGAN PERMAINAN EDUKATIF TEKA–TEKI SILANG (TTS)

Dwi Apriani, Paulus Wiryono Priyotamtama, Luisa Diana Handoyo

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMA Kolese De Britto,
didapatkan berbagai permasalahan yaitu siswa kurang aktif, minat baca siswa yang tergolong rendah, kesulitan
dalam menyerap bahasa asing, dan program tuntas yang diharapkan oleh guru masih belum tercapai.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X-7 SMA Kolese
De Britto Yogyakarta pada materi Protista  dengan metode permainan edukatif teka-teki silang.  Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari 5 tahapan, yaitu  (1) Perencanaan,
dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran seperti mempersiapkan
perangkat pembelajaran dan membuat instrumen penelitian.(2) Pelaksanaaan, yaitu melaksanakan kegiatan
belajar mengajar dengan menggunakan metode permainan edukatif teka-teki silang.  (3) Observasi,
pengambilan data tentang proses pembelajaran di dalam kelas.   (4) Evaluasi, dilakukan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar melalui tes evaluasi dan aktivitas siswa dalam hal bertanya dan menjawab melalui
lembar observasi aktivitas siswa.  (5) Refleksi, dilakukan untuk menganalisa data hasil penelitian untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan di setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah 37 siswa kelas X-7 SMA
Kolese De Britto Yogyakarta. Hasil penelitian  menunjukkan adanya korelasi yang  cukup kuat antara
peningkatan aktivitas dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar 0,51. Semakin tinggi aktivitas siswa maka
semakin tinggi pula hasil belajarnya. Persentasi siswa yang mencapai ketuntasan minimal pada siklus I sebesar
78,38% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,89%. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 82,72
dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,64. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,35% dan
mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 86,50 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan
permainan edukatif teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X-7 SMA Kolese
De Britto Yogyakarta pada materi Protista.
 
Kata Kunci : Permainan Edukatif  Teka-Teki Silang, Protista, Hasil Belajar, Aktivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.