PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran
kooperatif two stay two stray (TSTS) dan think pair share (TPS)pada siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura
Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan post test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura. Kelas yang digunakan dalam penelitian
ini dipilih tiga kelas secara acak (random). Kelas pertama VIIA menerapkan pembelajaran think pair share,
kelas kedua VIIC menggunakan pembelajaran two stay two stray, dan kelas ketiga menerapkan pembelajaran
konvensional (ceramah). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, indeks
kesukaran soal, daya beda soal dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (one way anova). Hasil
nilai rata-ratapost test siswa menggunakan pembelajaran think pair share sebesar 80,56 lebih baik daripada
pembelajaran two stay two stray sebesar 78,20 dan pembelajaran konvensional sebesar 76,89. Hasil uji
hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (7,560) lebih besar dari FTabel (3,082), maka H0 ditolak sehingga terdapat
perbedaan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran two stay two stray, think pair
share dan konvensional. Hasil uji lanjut anova pembelajaran TSTS dan TPS 0,016< 0,05, maka H0 ditolak jadi
terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran TPS dan kontrol 0,000<0,05, maka H0 ditolak maka terdapat
perbedaan. Perbandingan pembelajaran TSTS dan kontrol 0,175>0,05, maka H0 diterima jadi tidak ada
perbedaan. Nilai aspek afektif yang diperoleh menunjukan bahwa nilai pembelajaran TPS lebih tinggi dari nilai
pembelajaran TSTS dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pembelajaran
TPS dengan nilai rata-rata 80,56 lebih baik daripada pembelajaran TSTS dengan nilai rata-rata 78,20.
Kata kunci: two stay two stray, think pair share, hasil belajar.
kooperatif two stay two stray (TSTS) dan think pair share (TPS)pada siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura
Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan post test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura. Kelas yang digunakan dalam penelitian
ini dipilih tiga kelas secara acak (random). Kelas pertama VIIA menerapkan pembelajaran think pair share,
kelas kedua VIIC menggunakan pembelajaran two stay two stray, dan kelas ketiga menerapkan pembelajaran
konvensional (ceramah). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, indeks
kesukaran soal, daya beda soal dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (one way anova). Hasil
nilai rata-ratapost test siswa menggunakan pembelajaran think pair share sebesar 80,56 lebih baik daripada
pembelajaran two stay two stray sebesar 78,20 dan pembelajaran konvensional sebesar 76,89. Hasil uji
hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (7,560) lebih besar dari FTabel (3,082), maka H0 ditolak sehingga terdapat
perbedaan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran two stay two stray, think pair
share dan konvensional. Hasil uji lanjut anova pembelajaran TSTS dan TPS 0,016< 0,05, maka H0 ditolak jadi
terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran TPS dan kontrol 0,000<0,05, maka H0 ditolak maka terdapat
perbedaan. Perbandingan pembelajaran TSTS dan kontrol 0,175>0,05, maka H0 diterima jadi tidak ada
perbedaan. Nilai aspek afektif yang diperoleh menunjukan bahwa nilai pembelajaran TPS lebih tinggi dari nilai
pembelajaran TSTS dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pembelajaran
TPS dengan nilai rata-rata 80,56 lebih baik daripada pembelajaran TSTS dengan nilai rata-rata 78,20.
Kata kunci: two stay two stray, think pair share, hasil belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.