PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN PANAS BENDA DENGAN METODE DISCOVERY DAN CERAMAH SISWA KELAS IV SDN MOJOAYU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi perpindahan panas benda
dengan metode discovery dan metode ceramahsiswa kelas IV SDN Mojoayu Kediri Tahun
2012/2013.Penelitian dilakukansecara eksperimen dengan subyek kelas IV A sebanyak 15 siswa diajar dengan
metode ceramah dan kelas IV B sebanyak 15 siswa diajar dengan metode discovery. Parameter yang diukur
adalah hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dengan melihat skorhasil evaluasi setelah pembelajaran 1
kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode discoveryadalah 85 dan 93,3% lebih tinggi dari pada yang diajar dengan metode
ceramah yaitu 78 dan 73,3%.
Kata Kunci: hasil belajar, metode discovery dan ceramah
dengan metode discovery dan metode ceramahsiswa kelas IV SDN Mojoayu Kediri Tahun
2012/2013.Penelitian dilakukansecara eksperimen dengan subyek kelas IV A sebanyak 15 siswa diajar dengan
metode ceramah dan kelas IV B sebanyak 15 siswa diajar dengan metode discovery. Parameter yang diukur
adalah hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dengan melihat skorhasil evaluasi setelah pembelajaran 1
kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode discoveryadalah 85 dan 93,3% lebih tinggi dari pada yang diajar dengan metode
ceramah yaitu 78 dan 73,3%.
Kata Kunci: hasil belajar, metode discovery dan ceramah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.