PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN PANAS BENDA DENGAN METODE DISCOVERY DAN CERAMAH SISWA KELAS IV SDN MOJOAYU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Dian Tri Rinawati, Sulistiono Sulistiono, Dwi Ari Budi Retnani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi perpindahan panas benda
dengan metode  discovery  dan  metode  ceramahsiswa kelas IV  SDN  Mojoayu   Kediri Tahun
2012/2013.Penelitian dilakukansecara  eksperimen dengan subyek kelas IV A sebanyak 15 siswa diajar dengan
metode ceramah dan kelas IV B sebanyak 15 siswa diajar dengan metode discovery. Parameter yang diukur
adalah hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dengan melihat  skorhasil evaluasi setelah pembelajaran 1
kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukkan,  bahwa rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang
diajar dengan metode  discoveryadalah  85  dan  93,3%    lebih tinggi dari pada yang diajar dengan metode
ceramah yaitu 78  dan 73,3%.
Kata Kunci: hasil belajar, metode discovery dan ceramah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.