PEMBELAJARAN KONSTRUKSTIVISME MELALUI STRATEGI PENUGASAN DAN LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOKIMIA
Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan strategi
penugasan dan latihan untuk meningkatkan hasil belajar pada matakuliah biokimia. Penelitian ini bertujuan 1)
untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa angkatan 2012 pada mata kuliah biokimia setelah diterapkan
pembelajaran konstruktivisme dengan strategi penugasan dan latihan, 2) mengetahui respon mahasiswa
terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan, dan 3) mencari dan memperbaiki metode mengajar sehingga
diperoleh metode mengajar yang tepat, yang dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah Biokimia.
Penelitian dilakukan selama satu semester di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, pada semester gasal
Tahun Ajaran 2012/2013.Rancangan penelitian adalah pre eksperimen, objek penelitian adalah mahasiswa
angkatan 2012 yang mengambil matakuliah biokimia, sebanyak 34 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa: 1)
tes, diberikan kepada mahasiswa untuk memperoleh data mengenai hasil belajar; 2) angket, diberikan kepada
mahasiswa untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan strategi penugasan dan
latihan. Hasil belajar mahasiswa ditentukan dengan menghitung nilai yang diperoleh mahasiswa.Secara
individual, mahasiswa dianggap telah berhasil dalam belajar apabila telah mencapai nilai minimal B. Selain itu
juga dihitung keberhasilan belajar klasikal.Analisis data mengenai respon mahasiswa terhadap strategi
pembelajaran dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase jawaban mahasiswa
terhadap aspek-aspek respon siswa yang ditanyakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa
yang memperoleh nilai A: 8,82%, nilai B: 76,47, dan nilai C: 14,70, sehingga diperoleh keberhasilan klasikal
sebesar 85,29%. Penerapan strategi pembelajaran penugasan dan latihan ini, mendapat respon positif dari
mahasiswa yang ditandai dengan 77,42% mahasiswa merasa senang dengan strategi pembelajaran yang
diterapkan.
Kata kunci: Biokmia, Hasil Belajar, Pembelajaran Konstruktivisme, Penugasan dan Latihan, Respon
Mahasiswa
penugasan dan latihan untuk meningkatkan hasil belajar pada matakuliah biokimia. Penelitian ini bertujuan 1)
untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa angkatan 2012 pada mata kuliah biokimia setelah diterapkan
pembelajaran konstruktivisme dengan strategi penugasan dan latihan, 2) mengetahui respon mahasiswa
terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan, dan 3) mencari dan memperbaiki metode mengajar sehingga
diperoleh metode mengajar yang tepat, yang dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah Biokimia.
Penelitian dilakukan selama satu semester di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, pada semester gasal
Tahun Ajaran 2012/2013.Rancangan penelitian adalah pre eksperimen, objek penelitian adalah mahasiswa
angkatan 2012 yang mengambil matakuliah biokimia, sebanyak 34 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa: 1)
tes, diberikan kepada mahasiswa untuk memperoleh data mengenai hasil belajar; 2) angket, diberikan kepada
mahasiswa untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan strategi penugasan dan
latihan. Hasil belajar mahasiswa ditentukan dengan menghitung nilai yang diperoleh mahasiswa.Secara
individual, mahasiswa dianggap telah berhasil dalam belajar apabila telah mencapai nilai minimal B. Selain itu
juga dihitung keberhasilan belajar klasikal.Analisis data mengenai respon mahasiswa terhadap strategi
pembelajaran dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase jawaban mahasiswa
terhadap aspek-aspek respon siswa yang ditanyakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa
yang memperoleh nilai A: 8,82%, nilai B: 76,47, dan nilai C: 14,70, sehingga diperoleh keberhasilan klasikal
sebesar 85,29%. Penerapan strategi pembelajaran penugasan dan latihan ini, mendapat respon positif dari
mahasiswa yang ditandai dengan 77,42% mahasiswa merasa senang dengan strategi pembelajaran yang
diterapkan.
Kata kunci: Biokmia, Hasil Belajar, Pembelajaran Konstruktivisme, Penugasan dan Latihan, Respon
Mahasiswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.