STRATEGI PEMECAHAN MASALAH OLEH GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH DI SMA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh informasi mendalam tentang strategi pemecahan masalah yang dilakukan guru maupun siswa pada pembelajaran biologi berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan partisipatif berupa penelitian tindakan kelas. Partisipan kunci pada penelitian ini adalah empat guru biologi dan siswa pada empat kelas di SMAN 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, studi dokumentasi, dan rekaman visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemecahan masalah oleh guru pada pembelajaran biologi berbasis masalah di SMAN 5 Kota Bengkulu adalah memberikan penjelasan atau saran umum, mendorong interaksi antarsiswa, dan memantau kegiatan siswa. Salah satu guru menggunakan strategi pemotivasian siswa dan mengelaborasi proses berpikir siswa. Strategi pemecahan masalah oleh siswa umumnya yaitu bekerjasama dan menggunakan internet sebagai sumber belajar. Strategi pemecahan masalah oleh guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah di siklus pertama dan di siklus kedua serupa.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, strategi pemecahan masalah, guru, siswa, biologi SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.