PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN SUPLEMEN HASIL PENELITIAN PADA TOPIK YANG DIAJARKAN PADA SMA TAHUN AJARAN 2009

Sri Widoretno, Joko Ariyanto

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  1) Penggunaan suplemen yang merupakan pengembangan topik sebagai hasil penelitian dalam pokok bahasan Limbah dapat meningkatkan keaktifan  berdiskusi siswa dalam proses pembelajaran Biologi. 2) Penggunaan suplemen yang merupakan pengembangan topik sebagai hasil penelitian dalam pokok bahasan Limbah dapat meningkatkan respon  siswa dalam proses pembelajaran Biologi. di kelas X SMA Al Islam 1, SMA Batik 1 dan SMA N 7 Surakarta dalam pembelajaran Biologi pada materi pelajaran Ekosistem 2008/2009.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X 8 dari tiga SMA di Surakarta,

Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi.

            Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penggunaan suplemen hasil penelitian pada topik yang diajarkan pada SMA dapat meningkatkan 1) Aktivitas bertanya 2) Aktivitas berdiskus 3) Kerjasama siswa pada proses pembelajaran di kelas X SMA Al Islam 1, SMA Batik 1 dan SMA N 7 Surakarta dalam pembelajaran Biologi pada materi pelajaran Ekosistem.

 

Key Word: kualitas proses, hasil penelitian, performance

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.