Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrobiologi berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa

Hasruddin Hasruddin, Fauziyah Harahap, Mahmud Mahmud

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran mikrobiologi berbasis kontekstual dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Medan. Tahapan penelitian tahun pertama melakukan analisis kebutuhan tugas-tugas mahasiswa sejalan dengan implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian dilaksanakan pada tahun 2016. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi berjumlah 80 orang yang diambil secara acak proporsional. Penelitian pengembangan ini berorientasi pada pengembangan produk. Produk yang dihasilkan berupa silabus, kontrak perkuliahan, rencana pelaksanaan perkuliahan, penuntun praktikum, alat evaluasi dan asesmen autentik yang mengarah kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui expert review dari ahli mikrobiologi, ahli disain, ahli teknologi pembelajaran, serta ahli evaluasi dan asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan tugas mahasiswa yang mengarah kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi sesuai standar KKNI pada matakuliah mikrobiologi berbasis kontekstual terdiri dari enam bentuk tugas, yaitu: tugas rutin mahasiswa, analisis kritis buku teks, reviu jurnal, rekayasa ide, riset sederhana, dan tugas proyek.

Key Word         : Kontekstual, Berpikir Tingkat Tinggi, Perangkat Tugas Perkuliahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.