Analisis Keaktifan Kolaborasi Guru IPA Menggunakan Aplikasi Google Docs di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi metode pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar jurnal penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1).
Anjani, D., Novianti, D., & Wear, A. S. (2021). Pelatihan Google Docs Untuk Meningkatkan Kolaborasi Penyusunan RPP Pada SD 20 Palmerah Jakarta Barat. Journal of Empowerment, 2(1), 101-110.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Lai, E R. (2011). Collaborations: A Literature Review.
Hidayat, Muhammad Luthfi., Hariyatmi., & Astuti, Dwi Setyo. (2021). Buku Bahan Ajar Kompetensi Digital Bagi Calon Pendidik Biologi. Semarang :Alinea Media Dipantara.
Istoyono, Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (PysTHOTS) peserta didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 18(1), 1–12.
Kundarti, M., Latifah, A. N., Laili, M. R., & Susilo, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Lesson Study Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi UNM. In Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi IPA dan Pembelajaran (pp. 232-238).
Kurniawan, E. (2015). Penerapan Teknologi Cloud Computing Di Universitas. Jurnal Eksis, 8(1): 29-36.
Nasruddin, N., & Jahring, J. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. SAINTIFIK, 5(1), 27-35.
O'flynn, J, & john. (2008).Collaborative governance: A new era of public policy in Australia. Australia : E press. Oktaviani, I., Rini, I. A., Ulfah, M. M., & Andriana, A. D. (2021). Pengenalan Media Pembelajaran Daring Berbasis Stem Untuk Guru Ipa Di Sman 9 Bandar Lampung. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1): 77-88. Pattipeilohy, V., & Wijaya, F. (2020). Implementasi Model Collaborative Learning: Sebagai Landasan Untuk Membangun Ketrampilan Sosial Dan Keaktifan Mahasiswa. JURNAL MANEKSI, 9(1), 283-289.
Raharja,S. (2008). Model Kolaborasi Dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Citarum, Disertai Program Doktor Ilmu Administrasi Public. Depok : Universitas Indonesia.
Setiyani.R., (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dinamika Pendidikan, 5(2): 117-133.
Sholihatun, S., Utanto, Y., & Handayani, S. D. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1): 730-735.
Srinivas, Hari. (2012). What is Collaborative Learning?. Diakses dari http://www.gdrc.org/kmgmt/c-learn/what-iscl.html, pada tanggal 30 September 2021 Pukul 11.48 WIB.
Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229-238.
Wiersema, Nico. 2000. How does Collaborative Learning actually work in a classroom and how do students reac to it? A Brief Reflection. http://www.city.londonmet.ac.uk/ Diambil pada 30 September 2021
Yahya Kurniawan. (2010). Cara Mudah Menguasai: Google Docs. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.