Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMP

Mili Yana, Muhammad Zaini, Dharmono Dharmono

Abstract

This development research aims to evaluate the validity of Biology worksheets on thinking Critical for Class VIII Junior High School Students. LKPD biology is the result of the development of the concepts of systems in the human body, namely 1) the movement system, 2) the digestive system, and 3) the circulatory system. Research development using the Tessmer Model. The research is focused on the first micro cycle, which is about validity. The research was carried out for six months (July-December 2021) at Hasbunallah Middle School, Tabalong Regency. The research subjects to carry out content validity were three lecturers of the ULM science teacher master's degree. Aspects that are validated are the appropriateness of content, language, presentation and graphics. The data obtained from the research instrument in the form of a validity assessment sheet. Data analysis was done descriptively. The results showed that the validity based on the results of the expert team's validation had an average score of 75.00% with a fairly valid category, which could be used with slight revisions. LKPD can already be used in biology learning at school after revision, and is eligible to continue on individual tests.

Keywords

validity, LKPD biology, critical thinking skills

Full Text:

PDF

References

Aghnia, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Biologi Uin Raden Intan Lampung Dalam Membuat LKPD Biologi Jenjang SMA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53. Aliah, N. (2021). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). Arafah, S. F., Priyono, B., & Ridlo, S. (2012). Pengembangan LKS berbasis berpikir kritis pada materi animalia. Journal of Biology Education, 1(1). Ariebowo, M., & Fictor Ferdinan, P. (2009). Praktis Belajar Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Artiani, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Berbasis Picture (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). Balela dkk. (2021). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Peredaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 180-188. Dinantia, A., Amran, E. Y., & Rini, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Hierarki Konsep pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Doctoral dissertation, Riau University). Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations. Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40. Hasmiati, H., Jamilah, J., & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35. Hidayati, N. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA topik energi dalam sistem kehidupan di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 389-399. Husni, E. N. (2017). Perancangan Aplikasi Kamus Pintar Bahasa Latin Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182. Istikharah, R., & Simatupang, Z. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) kelas x sma/ma pada materi pokok protista berbasis pendekatan ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1). Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Bahan Ajar Biologi. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-15. Khumairo, G. F. (2015). Analisis Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 SMA Kelas XI Ditinjau dari Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik Pada Konsep Sistem Ekskresi (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177. Malgusna, N. T. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di Kelas XI Mia SMA Negeri 12 Medan Tp 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIMED). Maulyda, A., Soendjoto, M. A., & Zaini, M. Keefektifan Bahan Ajar Jenis Ikan Di Kawasan Mangrof Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Jenjang SMK. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 164-170. Meylani, V., Putra, R. R., & Ardiansyah, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Pengayaan Materi Biologi Dalam Mata Pelajaran IPA Sesuai Kurikulum Nasional Bagi Guru IPA di Lingkungan SMP/Sederajat Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1). Nuraini, N. (2017). Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi sebagai upaya mempersiapkan generasi abad 21. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89-96. Rachman, F. A., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Berfikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Mata Pelajaran Kimia di SMA. ALKIMIA. Jurnal Ilmu Kimia dan Terapan. Riyadi, A. S. (2019). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Komunikatif, Kolaboratif, Berpikir Kritis, dan Kreatif Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Sanjaya, A. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Mendukung Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis (Doctoral dissertation, Universitas Lampung). Subiantoro, A. W., & Fatkurohman, B. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(2), 111-114. Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1). Susanti, D., & Risnanosanti, R. (2019, October). Pengembangan buku ajar untuk menumbuhkembangkan kemampuan 4c (critical, creative, collaborative, communicative) melalui model PBL pada pembelajaran biologi di SMP 5 Seluma. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1). Susilo, A., & Atun, S. (2017). Pengembangan LKS IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 8-17. Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan metode dan media bervariasi dengan minat siswa dalam pembelajaran biologi tingkat SMP. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 134-142. Wafiroh, Z., & Budijastuti, W. (2020). Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 525-534. Zulmi, F. A., & Akhlis, I. (2020). Pengembangan LKPD berekstensi EPUB berbasis Discovery Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209-216.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.