Penerapan Model Inquiry Lesson dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi pada Pembelajaran Biologi SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astira, S., Sajidan, & Dwiastuti, S. (2019). Analysis of Argumentation Skills in Biological Learning in Senior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1338(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1338/1/012032
Budiyono. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10122
Hasanah, N., Asih, T. S. N., & Kharisudin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 622–628.
Hasnunidah. (2014). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253–259. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/31790
Karyanti, & Komarudin. (2017). Perbandingan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi. 10(2), 179–188. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/index
Keraf. (2010). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (Adi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Ciawigebang. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747
Kizilaslan A, Sozbilir, M., & D, My. (2012). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Inquiry Lesson Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA Negeri 1 Magelang. Inkuiri, 5(3), 77–89.
MC, N., & Krajcik. (2006). Peningkatan Kemampuan Argumentasi melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. PENDIDIKAN BIOLOGI, 8, 1–7.
Mcneill, K. L., & Krajcik. (2012). Scientific Argumentation for All? Comparing Teacher Beliefs About Argumentation in High, Mid, and Low Socioeconomic Status Schools. Science Education, 100(3), 410–436. https://doi.org/10.1002/sce.21214
Nugroho, A.A., Wati, W., & Ramli, M.A (2021). Meta Analysis of Inductive Learning-Based Modules to Improve Critical Thinking Skills in Science. BIOEDUKASI : JURNAL PENDIDIKAN A 14(1), 27–34.
Pritasari. (2016). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik, 6(3), 310–320. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802
Saavedra, & Opfer. (2012). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Sudarisman, S. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2010, 237–243.
Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar (Issue 1).
Sugiharto. (2013). Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas Xi. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 45. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2878
Syaiful, S. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry. Seminar Nasional, 49–59.
Utomo, Y. S., Ashadi, & Sarwanto. (2019). Argumentation Skills Profile on 8th Grade Students using Toulmin’s Argument Pattern on Controversial Topic. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012095
Wenning, C. J. (2010). The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. J. Phys. Tchr. Educ. Online, 6(2), 9–16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.