Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran dengan Model Pembelajaran 7E Berbasis Kreativitas

Yuni Pantiwati

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tahun pertama dari dua tahun yang direncanakan. Tujuan penelitian tahun pertama untuk  menghasilkan model dan Modul evaluasi Pembelajaran dengan Pembelajaran 7E Berbasis Kreativitas. Jenis penelitian pengembangan dengan metode Research and Development (R & D) dari Sugiono (2011) dengan langkah-langkah: 1) identifikasi potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi masal. Hasil observasi, wawancara, pengisian angket,  dan FGD (Focus Group Discusion). Hasil penelitian:   1) pengembangan modul menggunakan model pembelajaran siklus belajar 7E yaitu (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, dan Extend) (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, dan Extend), 2) Materi yang dikembangkan yaitu: (Konsep dasar penilaian, pengukuran, dan evaluasi; Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Evaluasi; Hakekat Evaluasi Autentik;  Jenis Evaluasi; Pengembangan Instrumen Tes), 2) Hasil penilaian terhadap modul, rata-rata penilaian validasi dari ahli materi  mencapai 84,25%,  ahli media 83%, dan validator 84,25%, respon mahasiswa memilih jawaban setuju (ya) dengan rata-rata presentase 86,53% dan sangat positif,  sehingga modul (7E) menunjukkan kriteria “valid” atau layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.