Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (Hand on Activity) dalam Pembelajaran Biologi untuk Menggali Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

Norhasanah Norhasanah, Muhammad Fanani

Abstract

Kaidah-kaidah konstruktivis memberi arahan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Mencermati kondisi seperti ini, sudah saatnya guru meninggalkan kaidah mengajar (to teach) menjadi membelajarkan (to learn), baik konsep (content standard) maupun proses (working scientifically). Penelitian deskriptif ini bertujuan menjelaskan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran biologi menggunakan LKS. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA  Negeri 4 Barabai yang mengambil peminatan IPA sebanyak 71 siswa. Lembar Kegiatan Siswa yang digunakan berdasarkan indicator keterampilan berpikir kritis dari Bloom revision. Operasional di dalam pembelajaran berpatokan pada sintak model inkuiri. Keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dari kemampuan siswa mengerjakan LKS dan dianalisis menggunakan rubrik, baik (76-100%), cukup baik (51-75%), kurang (26-50%), dan buruk (< 25%). Indikator keterampilan berpikir kritis meliputi merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Hasil belajar diperoleh menggunakan butir-butir tes dan keberhasilannya berdasarkan KKM = 70. Hasil penelitian diperoleh 1) keterampilan berpikir kritis siswa sekurang-kurangnya sudah baik, yakni a) merancang percobaan, b) melakukan percobaan, dan c). membuat kesimpulan, sedangkan a) merumuskan masalah, b) merumuskan hipotesis, dan c). menganalisis data masih perlu perbaikan  2) Hasil belajar kognitif siswa belum mencapai ketuntasan minimal.

Keywords:        hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, LKS

Full Text:

PDF

References

Andi, N., Zubaidah, S. & Ibnu, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Sinjai Selatan. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional tanggal 26 Maret 2016. Malang: UMM.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung.

Harmawati, D., Indriati, Sri E.. & Gofur, A.. (2016). Meningkatkan Karakter dan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional tanggal 26 Maret 2016. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional tanggal 26 Maret 2016. Malang: UMM.

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL. Prestasi Pustaka Raya, Jakarta.

Kunandar, (2010).Guru Profesional Implementasi Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Radja Grafindo. Jakarta.

Kurniawan, H. C.; Febriana I., Poppy. R.P., Agus M.S. (24 Januari 2015). Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Keterampilan Inkuiri, Keterampilan Metakognisi, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTsN Panglungan. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (pp.)

Listawati, R. M., Mahanal, S. dan Sarwoto. (2105). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Retensi Siswa Kelas XI IPA SMA Laboratorium UM Malang. UNM, Malang.

Liswara.N (2014) Pemanfaatan Biodiversitas Lokal untuk Menunjang Praktikum Biologi pada Sekolah lanjutan di Kalimantan Tengah. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpar 17 Desember 2014.

Miranda, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat terhadap hasil belajar keanekaragaman hayati siswa SMA. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpar 17 Desember 2014

Myrna R, Suryawati, E. Suwondo. 2015. Pengembangan LKS Materi Pokok Energi dalam Sistem Kehidupan di Kelas VII SMP dengan Pendekatan Ilmiah untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2(2). Universitas Riau.

Norhasanah. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X.5 SMAN 4 Barabai Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Ekosistem. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional tanggal 26 Maret 2016. Malang: UMM.

Novitasari, Ch.; Murni R.; Ariyanto, J.(24 Januari 2015). Penerapan Inquiry Learning dipadu Brainstroming Activity untuk meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Sragen. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (pp.)

Nur, M. 2013. Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) UNESA.

Nurfauziah, S.; Marjono. B.; Sugiharto. (24 Januari 2015). Penerapan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siwa pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Al Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 20142015. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (pp.)

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarya: Diva Press.

Primadani, R. (24 Januari 2015). Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (pp.)

Rahmadani, St. (2015). Pengembangan Panduan praktikum Biologi dan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA Kelas XI. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1 (2 Juli 2015).

Reddington, D. (2012). Developing Critical Thinking Skills in the ABE Classroom. Bureau of Adult Education Mini-Grant.

Ridwan. 2010. Naskah Akademik Biologi SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima : Bandung.

Taufiq, M. (24 Januari 2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Respirasi Seluler Di S1 Jurusan Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (pp.)

Wasis. (2015). Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 Surabaya, 24 Januari 2015. Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Zaini, M. (2014). Menggunakan Lahan Basah untuk Mengajar Konsep-Konsep Biologi & Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Landasan, Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan

Zulfah, H.; Slamet S.; Rinanto, Y. (24 Januari 2015). Penerapan Inquiry Learning dipadu Jurnal Belajar Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis pada Siswa Kelas XI MIA SMA N 7 Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (pp.)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.