Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan

Nura Syifa Mutiara Aisya, Saefudin Saefudin, Bambang Supriatno, Sri Anggraeni

Abstract

Penelitian ini membandingkan dua perlakuan pembelajaran di sebuah sekolah menengah pertama negeri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis  peningkatan kemampuan literasi kuantitatif siswa melalui penerapan  strategi metakognitif berdasarkan Diagram Vee  yang diaplikasikan pada pembelajaran dengan model Inquiry Lab dan Group Investigation pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu siswa SMP kelas VII sebanyak 25 siswa pada kelas eksperimen-1 melalui pembelajaran dengan metode Inquiry Lab dan sebanyak 27 siswa pada kelas eksperimen-2 melalui pembelajaran dengan metode Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretes dan postes kemampuan literasi kuantitatif dalam bentuk soal pilihan ganda, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta angket tanggapan guru dan siswa. Hasil menunjukan bahwa rata-rata N-gain pretest dan postest mengalami peningkatan pada kedua kelompok eksperimen. Perolehan rata-rata pretest adalah 22,7 untuk kelas eksperimen-1 dan 21,6 untuk kelas eksperimen-2. Sedangkan untuk perolehan rata-rata nilai posttest adalah 58,3 untuk kelas eksperimen-1 dan 54 untuk kelas eksperimen-2. Rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen-1 adalah 0,473 dan rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen-2 adalah 0,426. Kedua kelas eksperimen menunjukan rata-rata N-gain pada kategori sedang, dimana kelas eksperimen-2 lebih baik daripada kelas ekperimen-1. Hal tersebut menunjukkan   adanya perbedaan peningkatan kemampuan literasi kuatitatif siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model pembelajaran  Inquiry Lab dan Group Investigation termodifikasi Diagram Vee pada materi pencemaran lingkungan. 

Keywords:      Diagram Vee, Inquiry Lab, Group Investigation, Literasi Kuantitatif

Full Text:

PDF

References

AAC&U. 2009. “Quantitative Literacy Value Rubric. Retrived: ttp://www.aacu.org/ value/rubrics/pdf/QuantitativeLiteracy.pdf.2009. [Desember 2015].

Anderson, L., & Krathwohl, D. A. 2001. Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Beimers,J., Dolan, B.,& Muñoz., C. 2011. Metacognition: A Literature Review. Pearson’s Research Reports. pp: 1-40

Coffman, M. and L. Riggs. 2006, The Virtual Vee Map: A Template for Internet Inquiry, Journal of College Science Teaching, September, 32-39.

Costa, L.A. 1985. Developing Mind-A Resource Book For Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Dahar, R.W., Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga. 1989

Davis, H.S., & Brown, A.E. 2013. The quantitative literacy connection: Is literacy instruction the key to teaching mathematical habits of mind? In P. Dunston, S.K. Fullerton, C.C. Bates, P.M. Stecker, M.W. Cole, A.H. Hall, D. Herro, & K.N. Headley (eds.) 62nd Annual Literacy Research Association Yearbook pp: 172-185. Altamonte Springs, FL: Literacy Research Association.

Evren, A., Sulun, Y. 2010. The effect of teaching animal physiology through V Diagrams on students' succcess and retentio level. Procedia Social and Behavioral Sciences 2, pp: 4285–4292.

Fitriani, N.N. 2012. Analisis Literasi Kuantitatif dalam Desain Kegiatan Praktikum Materi Fisiologi Manusia SMAN di Kota Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Flavell, J. H. 1976. Metacognitive aspects of problem solving. In L. B. Resnick (ed), The nature of intelligence, pp: 231–236. Erlbaum, Hillsdale, NJ.

Keles,O. & Ozsoy, S (2009). Pre-service Teachers’ Attitudes Toward Use of Vee Diagrams in General Physics Laboratory. International Electronic Journal of Elementary Education. 1, (3),pp:1-17.

Kenp, M. 2003. Chriticalnumeracy: helping people to decide. Prosceding of The International Conference The Decidable adThe Undecidble in Mathematics Education.

Kern, Richard. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University.

Khairina, Izaty. 2012. Analisis Literasi Kuantitatif dalam Desain Kegiatan Praktikum Materi Ekosistem SMAN di Kota Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Mahanal, S. dan Wibowo, A. L. P. 2009. Penerapan Pembelajaran lingkungan Hidup Berbasis Proyek untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, dan Sikap Siswa (Studi di SMA Negeri 9 Malang). Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup dan Interkonferensi BKPSL.

McGowan, H.M. 2011. Planning a Comparative Experiment in Educational Settings.Journal of Statistics Education 19(2)pp:1-19National Council on Education and the Disciplines. 2001. Mathematics and Democracy. The Case for Quantitative Literacy.The Woodrow Wilson National Fellowship Foundation.

National Literacy Act of America. 1991. 102nd Congress, 1991–1992

Novak, J.D. 1990. Concept maps and Vee diagrams: two metacognitive tools to facilitate meaningful learning. Instructional Science 19(1), pp. 29-52

Novak, J.D., Gowin, D. B. (1984). Learning How to Learn. New York: CAMBRIDGE UNIVERSITY PRESS

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2013. PISA 2012 Result: Ready to Learn Students’ Engagement and Self-Beliefs Vol.3. Paris: PISA, OECD Publishing.

Osborne, J., Simon, S., Collin, S. 2003. Attitudes towards science: A review of the literature and its implications. International Journal of Science Education (9)25, pp. 1049–1079

Palsson, B. 2000. The challenges of in silico biology. Nature Biotechnology, 18, pp:1147–1150.

Prayitno, B. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif STAD serta Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Metakognisi, dan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Berkemampuan Akademik Atas dan Bawah. Other thesis, Universitas Negeri Malang.

Rachmawaty, A. Sutjihati, Hidayat. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Penugasan Mind Mapping dan Model Pembelajaran RRB (Round Robi Brainstorming. Skripsi. Universitas Pakuan.

Richardsin, R., Mc.Callum, W.G. 2002.The Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges. The National Council on Education and the Disciplines

Ruseffendi, H.E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajar Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sabilu, M. 2008. Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multistrategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMA Negeri 9 Malang. Program Pascasarjana Universitas Malang. Retrived: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/904 [Februari, 2016]

Sabri. Tanpa tahun. Diagram V: Perangkat Metakognitif untuk Penyelesaian Masalah Matematika . Retrived: http://digilib.unm.ac.id/files/disk1/5/universitas % 20neger i%20makassar-digilib-unm-sabri-242-1-diagram-).pdf [Januari 2016]

Santyasa, I. W. 2007. Model-Model Pembelajaran inovatif. Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida oleh Universitas Pendidikan Ganesha

Speth E. B., et.al. 2010. “1,2,3,4: Infusing Quantitative Literacy into Introductory Biology”. CBE—life Sciences Education,Vol. 9.pp: 323–332.

Steele, B., Kilic-Bahi, S. 2010. “Quantitative Literacy: Does it Work? Evaluating of Student Outcomes at Colby-Sawyer College”. Journal of Numeracy. Vol.3

Steen, A., et al. 2001. Math and Democracy: The case for Quantitative Literacy. The WoodrowWilson National Fellowship Foundation: USA

Supriatno, B. 2009. “Uji Langkah Kerja Laboratorium Sekolah”. Proseding Seminar Nasional Biologi: Inovasi dan Pendidikan Biologi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia. pp:255-261.

Surapranata, S. 2009. Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thurber, A., Collete, T. 1959. Teaching Science in Today Secondary School. Allyn and Bacon Inc: Boston

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP:Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Kemendiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.