Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Penelitian & pengembangan bertujuan mengevaluasi kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan konsep klasifikasi benda terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Model pengembangan menggunakan kawin silang ASSURE dan Tessmer. Subyek penelitian kevalidan tiga orang dosen pendidikan biologi, uji coba perorangan enam siswa kelas VIIc SMPN 2 Sungai Loban, uji coba kelompok kecil 15 siswa kelas VIIc SMPN 2 Sungai Loban, dan uji coba lapangan siswa kelas VII SMPN 4 Sungai Loban. Penetapan subyek berdasarkan keragaman kemampuan akademik. Penelitian dilaksanakan Januari-Juni 2015. Data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari pendapat pakar dianalisis berdasarkan modus. Pendapat siswa menggunakan lembar penilaian bahan ajar dan LKS dianalisis secara deskriptif. Data kepraktisan diperoleh dari keterlaksanaan RPP menggunakan lembar penilaian kegiatan guru dianalisis menggunakan kategori 1-4. Data keefektivan dari 1) aktivitas siswa, 2) hasil belajar, 3) sikap spiritual, 4) sikap sosial, dan 5) keterampilan berpikir kritis siswa. Data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa berdasarkan frekuensi aktivitas yang muncul setiap 5’ dinyatakan dengan %. Aktivitas siswa rendah jika < 10%. Hasil belajar menggunakan tes dan diberi skor 1 (benar) dan 0 (salah), dengan KKM ≥ 2,67. Data sikap (spiritual dan sosial) diperoleh menggunakan lembar pengamatan sikap menggunakan kategori 1-4. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh menggunakan rubric, dan dikategorikan dengan %. Hasil penelitian perangkat pembelajaran valid karena 1) silabus dinyatakan valid namun melalui perbaikan, dan 2) komponen RPP, bahan ajar, LKS, dan lembar penilaian juga valid. Praktis karena guru mitra mampu melaksanakan pembelajaran. Efektif berdasarkan 1) sebagian besar aktivitas siswa sudah baik namun mempersentasikan hasil percobaan dan menjawab dan menanggapi penyajian kelompok lain masih perlu perbaikan, 2) hasil belajar siswa telah melampaui ketuntasan minimal, 3) sikap spiritual sudah baik, 4) sikap social sebagian besar baik, 5) keterampilan berpikir kritis siswa rata-rata sudah baik. Berkenaan dengan unsur utama penelitian ini, maka dapat disimpulkan 1) merancang dan melaksanakan pengamatan dan 2) mengumpulkan data perlu ditingkatkan.
Kata kunci: penelitian & pengembangan, perangkat pembelajaran, kualitas, klasifikasi benda, keterampilan berpikir kritis
Arikunto, S.; Suhardjono & Supardi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
BSNP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : Departemen Pendididkan.
Jumirah, R. (2015). Pengembangan Perangkat PembelajaranTopik Ekologi Menggunakan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN.Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Imama, N. AG, & Zaini, M. (2015). PengembanganModul Modul Berbasis Greening School Konsep Klasifikasi Tumbuhan di SMKN 1 Takisung. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang pp. 1413-1419
Kunandar. (2010).Guru Profesional Implementasi Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Radja Grafindo
Kesuma, Dh. (2010). Contextual Teaching and Learning.Yogyakarta Rahayasa : Research & Taining
Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Unesa. Universitas Negeri Surabaya. 17-19 Januari 2013
Panjaitan, M. B.; Nur, M. & Jatmiko, B. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis Proses Kreatif-Inkuiri untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya. pp. 788-808
Plomp, Tj. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), pp.23-26,2007.
Reeves, Th. C.; McKenney, S. & Herrington, J. (2010). Publishing and Perishing: The Critical Importance of Educational Design Research.Proceedings ascilite Sydney 2010. pp. 787-794.
Rusmini. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Setyowati, T.; Zaini, M. & Aminuddin, PP. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-SMPMenggunakan Model Inkuiri TopikKlasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding SeminarNasionalBiologi / IPA dan Pembelajarannya .Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Negeri Malang pp. 676-682.
Supiati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi-MA Topik Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Unpublished Master thesis, Program Studi MagisterPendidikan Biologi Program PascasarjanaUniversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education andTraning. London: Kogan Page.
Yana. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Topik Protista Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Yunita, Erma. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan BiologiProgram Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Zaini, M. & Ripani, A. (2015). Pembentukan Kader Konservasi Hutan MangroveMelalui Modul Berbasis Kemanfaatan sebagai Bahan Makanan dan Minuman. Prosiding SeminarNasional Pendidikan Sains2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya, pp. 520-527.
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Developmentof Science-Biology LearningInstrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Prosiding Seminar Biologi. 12(1), pp. 134-141).
Zaini, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Proses Fisiologis Tumbuhan Menggunakan ModelInkuiriTerbimbingdi SMP. Landasan-Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 9 (1).
Zaini, M. & Safitri, D. (2016). Pengembangan Lembar KerjaSiswaKonsepProtistuntuk Melatihkan KeterampilanProsesdan Keterampilan Kinerja Kelas X Madrasah Aliyah Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi”Surabaya, Pascasarjana Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S.; Suhardjono & Supardi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
BSNP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : Departemen Pendididkan.
Jumirah, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Ekologi Menggunakan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Imama, N. AG, & Zaini, M. (2015). Pengembangan Modul Modul Berbasis Greening School Konsep Klasifikasi Tumbuhan di SMKN 1 Takisung. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang pp. 1413-1419
Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Radja Grafindo
Kesuma, Dh. (2010). Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta Rahayasa : Research & Taining
Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Unesa. Universitas Negeri Surabaya. 17-19 Januari 2013
Panjaitan, M. B.; Nur, M. & Jatmiko, B. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis Proses Kreatif-Inkuiri untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya. pp. 788-808
Plomp, Tj. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), pp.23-26, 2007.
Reeves, Th. C.; McKenney, S. & Herrington, J. (2010). Publishing and Perishing: The Critical Importance of Educational Design Research. Proceedings ascilite Sydney 2010. pp. 787-794.
Rusmini. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Setyowati, T.; Zaini, M. & Aminuddin, PP. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-SMP Menggunakan Model Inkuiri Topik Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya . Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang pp. 676-682.
Supiati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi-MA Topik Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education and Traning. London: Kogan Page.
Yana. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Topik Protista Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Yunita, Erma. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Zaini, M. & Ripani, A. (2015). Pembentukan Kader Konservasi Hutan Mangrove Melalui Modul Berbasis Kemanfaatan sebagai Bahan Makanan dan Minuman. Prosiding SeminarNasional Pendidikan Sains 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya, pp. 520-527.
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Prosiding Seminar Biologi. 12(1), pp. 134-141).
Zaini, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Proses Fisiologis Tumbuhan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di SMP. Landasan-Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 9 (1).
Zaini, M. & Safitri, D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Konsep Protist untuk Melatihkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Kinerja Kelas X Madrasah Aliyah Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi” Surabaya, Pascasarjana Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya
Refbacks
- There are currently no refbacks.