Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

Muhammad Zaini, Rusmini Rusmini

Abstract

Penelitian & pengembangan bertujuan mengevaluasi kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan konsep klasifikasi benda terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Model pengembangan menggunakan kawin silang ASSURE dan Tessmer. Subyek penelitian kevalidan tiga orang dosen pendidikan biologi, uji coba perorangan enam siswa kelas VIIc SMPN 2 Sungai Loban, uji coba kelompok kecil 15 siswa kelas VIIc SMPN 2 Sungai Loban, dan uji coba lapangan siswa kelas VII SMPN 4 Sungai Loban. Penetapan subyek berdasarkan keragaman kemampuan akademik. Penelitian dilaksanakan Januari-Juni 2015. Data kevalidan perangkat pembelajaran  diperoleh dari pendapat pakar dianalisis berdasarkan modus. Pendapat siswa menggunakan lembar penilaian bahan ajar dan LKS dianalisis secara deskriptif. Data kepraktisan diperoleh dari keterlaksanaan RPP menggunakan lembar penilaian kegiatan guru dianalisis menggunakan kategori 1-4. Data keefektivan dari 1) aktivitas siswa, 2) hasil belajar, 3) sikap spiritual, 4) sikap sosial, dan 5) keterampilan berpikir kritis siswa. Data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa berdasarkan frekuensi aktivitas yang muncul setiap 5’ dinyatakan dengan %. Aktivitas siswa rendah jika < 10%. Hasil belajar menggunakan tes dan diberi skor 1 (benar) dan 0 (salah), dengan KKM ≥ 2,67. Data sikap (spiritual dan sosial) diperoleh menggunakan lembar pengamatan sikap menggunakan kategori 1-4. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh menggunakan rubric, dan dikategorikan dengan %. Hasil penelitian perangkat pembelajaran valid  karena 1) silabus dinyatakan valid namun melalui perbaikan, dan 2) komponen RPP, bahan ajar, LKS, dan lembar penilaian juga valid. Praktis karena guru mitra mampu melaksanakan pembelajaran. Efektif berdasarkan 1) sebagian besar aktivitas siswa sudah baik namun mempersentasikan hasil percobaan dan menjawab dan menanggapi penyajian kelompok lain masih perlu perbaikan, 2) hasil belajar siswa telah melampaui ketuntasan minimal, 3) sikap spiritual sudah baik, 4) sikap social sebagian besar baik, 5) keterampilan berpikir kritis siswa rata-rata sudah baik. Berkenaan dengan unsur utama penelitian ini, maka dapat disimpulkan 1) merancang dan melaksanakan pengamatan dan 2) mengumpulkan data perlu ditingkatkan.

Kata kunci:        penelitian & pengembangan,  perangkat pembelajaran, kualitas, klasifikasi benda, keterampilan berpikir kritis

 

 

Arikunto, S.; Suhardjono & Supardi. (1998). Prosedur         Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.      Jakarta : Rineka Cipta

BSNP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan                 Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi.      Jakarta : Departemen Pendididkan.

Jumirah, R. (2015). Pengembangan Perangkat PembelajaranTopik  Ekologi  Menggunakan  Model  Inkuiri Terhadap     Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN.Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Imama, N. AG, & Zaini, M.  (2015).      PengembanganModul Modul Berbasis Greening School     Konsep Klasifikasi Tumbuhan di            SMKN 1 Takisung.  Prosiding Seminar     Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya.         Fakultas   Matematika dan Ilmu               Pengetahuan Alam               Universitas Negeri Malang pp.               1413-1419

Kunandar. (2010).Guru Profesional Implementasi Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan   (KTSP) dan Sukses dalam      Sertifikasi Guru. Jakarta : Radja              Grafindo

Kesuma, Dh. (2010). Contextual Teaching and Learning.Yogyakarta Rahayasa : Research & Taining

Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan          Perangkat Pembelajaran        Bermuatan Keterampilan Berpikir dan   Perilaku   Berkarakter. Kerjasama Program            Studi Magister Pendidikan      Biologi PPs             Unlam     dengan Pusat Sains dan Matematika     Sekolah (PSMS) Unesa. Universitas Negeri          Surabaya. 17-19 Januari 2013

Panjaitan, M. B.; Nur, M. & Jatmiko, B. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis        Proses Kreatif-Inkuiri untuk Mengembangkan        Berpikir Kreatif dan                Meningkatkan Pemahaman     Konsep Sains          Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional                Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan              Kurikulum 2013” Unesa         Surabaya. pp. 788-808

Plomp,  Tj. & Nieveen,  N. (2007).         An Introduction  to Educational  Design                 Research. Proceedings of the seminar conducted   at  the East China Normal University, Shanghai (PR China), pp.23-26,2007.

Reeves,  Th. C.; McKenney, S. & Herrington,  J.  (2010). Publishing and Perishing: The     Critical Importance of              Educational Design Research.Proceedings ascilite Sydney 2010. pp. 787-794.

Rusmini. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Menggunakan Model Inkuiri           Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unpublished Master thesis,            Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Setyowati, T.; Zaini, M. & Aminuddin, PP. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran               IPA-SMPMenggunakan Model Inkuiri TopikKlasifikasi Makhluk Hidup.  Prosiding          SeminarNasionalBiologi / IPA              dan Pembelajarannya .Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Negeri Malang pp. 676-682.

Supiati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi-MA Topik Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar         dan Keterampilan Berpikir Kritis. Unpublished Master thesis, Program Studi MagisterPendidikan Biologi Program PascasarjanaUniversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting  Formative Evaluations Improving the Quality of Education andTraning. London: Kogan Page.

Yana. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran        Biologi SMA Topik Protista Menggunakan Model Pembelajaran          Inkuiri Terbimbing. Unpublished              Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan                Biologi Program Pascasarjana Universitas     Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Yunita,  Erma.  (2015).  Pengembangan  Perangkat              Pembelajaran  Menggunakan Model  Inkuiri         Terbimbing  Topik  Klasifikasi  Makhluk Hidup               Di  SMP.  Unpublished Master thesis, Program Studi            Magister Pendidikan BiologiProgram    Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat   Banjarmasin.

Zaini, M. & Ripani, A. (2015). Pembentukan Kader Konservasi Hutan MangroveMelalui Modul       Berbasis Kemanfaatan sebagai Bahan Makanan dan Minuman. Prosiding SeminarNasional Pendidikan Sains2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya, pp. 520-527.

Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The   Developmentof Science-Biology LearningInstrument Oriented to        Mangrove Forest for Junior High School Students. In        Prosiding Seminar Biologi. 12(1), pp. 134-141).

Zaini, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran     Konsep Proses Fisiologis Tumbuhan Menggunakan              ModelInkuiriTerbimbingdi SMP.          Landasan-Jurnal Ilmiah Kependidikan &              Kemasyarakatan, 9 (1).

Zaini, M. & Safitri, D. (2016). Pengembangan Lembar KerjaSiswaKonsepProtistuntuk    Melatihkan KeterampilanProsesdan      Keterampilan Kinerja Kelas X Madrasah Aliyah                  Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016              “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi”Surabaya, Pascasarjana        Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S.; Suhardjono & Supardi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

BSNP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : Departemen Pendididkan.

Jumirah, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Ekologi Menggunakan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MAN. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Imama, N. AG, & Zaini, M. (2015). Pengembangan Modul Modul Berbasis Greening School Konsep Klasifikasi Tumbuhan di SMKN 1 Takisung. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang pp. 1413-1419

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Radja Grafindo

Kesuma, Dh. (2010). Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta Rahayasa : Research & Taining

Nur, M. (2013). Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter. Kerjasama Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unlam dengan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Unesa. Universitas Negeri Surabaya. 17-19 Januari 2013

Panjaitan, M. B.; Nur, M. & Jatmiko, B. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis Proses Kreatif-Inkuiri untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya. pp. 788-808

Plomp, Tj. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), pp.23-26, 2007.

Reeves, Th. C.; McKenney, S. & Herrington, J. (2010). Publishing and Perishing: The Critical Importance of Educational Design Research. Proceedings ascilite Sydney 2010. pp. 787-794.

Rusmini. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Klasifikasi Benda Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Setyowati, T.; Zaini, M. & Aminuddin, PP. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-SMP Menggunakan Model Inkuiri Topik Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya . Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang pp. 676-682.

Supiati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi-MA Topik Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education and Traning. London: Kogan Page.

Yana. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Topik Protista Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Yunita, Erma. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP. Unpublished Master thesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Zaini, M. & Ripani, A. (2015). Pembentukan Kader Konservasi Hutan Mangrove Melalui Modul Berbasis Kemanfaatan sebagai Bahan Makanan dan Minuman. Prosiding SeminarNasional Pendidikan Sains 2015 “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013” Unesa Surabaya, pp. 520-527.

Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Prosiding Seminar Biologi. 12(1), pp. 134-141).

Zaini, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Proses Fisiologis Tumbuhan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di SMP. Landasan-Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 9 (1).

Zaini, M. & Safitri, D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Konsep Protist untuk Melatihkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Kinerja Kelas X Madrasah Aliyah Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi” Surabaya, Pascasarjana Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.