Pengembangan Alternative Asessment Untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Terhadap Masalah Banjir Di Kota Samarinda
Abstract
Permasalahan pada guru terkait asesmen alternatif untuk memfasilitasi rasa tanggung jawab siswa terhadap masalah banjir adalah minimnya pemahaman dan pustaka acuan terkait asesmen alternatif tersebut. Adapun asesmen alternatif yang dimaksud adalah bentuk asesmen kinerja yang terkait dengan rasa tanggung jawab siswa terhadap masalah banjir, bentuk asesmen untuk ranah penilaian afektif yang terkait dengan rasa tanggung jawab siswa terhadap masalah banjir. Hal ini yang menjadi penyebab utama sehigga guru belum mengintegrasikan kegiatan penilaian ini dalam keseluruhan proses pembelajaran melalui proses penilaian yang dikenal dengan istilah asesmenn alternatif sehingga penilaian yang terjadi adalah penilaian yang sebenarnya atau disebut dengan otentik asesmen. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka tujuan akhir (tahun ke 3) penelitian ini adalah untuk mengembangkan asesmen alternatif dan rubrik penilaian asesmen alternatif, yang dapat digunakan guru untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa terhadap masalah banjir di Kota Samarinda. Tujuan tahun pertama penelitian yang dilaporkan dalam makalah ini adalah analisis kebutuhan untuk mengtahui pemasalahan dan upaya guru terkait pemahaman, perencanaan, pelaksanaan baik asesmen alternatif maupun rubrik penilaian asesmen alternatif. Metode penelitian keseluruhan adalah pengembangan, dan diawali tahun pertama adalah survey dengan teknik wawancara dan dokumentasi sebagai bagian dari analisis kebutuhan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pengkategorisasian dan interpretasi. Hasil penelitian diperoleh permasalahan guru terjadi pada pemahaman, perencanaan, pelaksanaan dan upaya mengatasi permasalahan terkait dengan asesmen alternatif dan rubrik penilaian asesmen alternatif.
Keywords:asesmen alternatif, rasa tanggung jawab, masalah banjir
Full Text:
PDFReferences
Azizah, (2010). Penilaian Program Praktikum: Model Pembentukan Dan Peningkatan Kualiti Guru Praperkhidmatan Di Institut Pendidikan Guru. UUM College of Arts and Sciences
Asmawi Zainul. (2001). Alternative Assessment. PAU-PPAI. Dirjen Dikti, Depdiknas
Burke K.,1998 dan Fogarty R.(1998). Asessment Penilaian. http://dwonlod.press.+com.assesment di akses pada tangga 28 0ktober 2015
Dick & Carrey. (2010). Etode Penelitian Pengembangan.http://adipwahyudi.blogspot.co.id/2011/01/model-pengembangan-dick-and-carey 2010.html
Kemendikbud. (2014). Kurikulum KTSP Pendidikn Sekolah Dasar. http://puskurbuk.kemdikbud.go.id/web13/
Nanura. (2010). Assesment Alternatif. http://blog.spot.com di akses pada tanggal 28 oktober 2015.
Setinani Fatimah. (2011). Pengembangan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Di Sekolah Dasar.
Suryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Assesment. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Tindangen. (2014). Makalah Hasil Monitoring evaluasi Lembaga Penelitian Universitas Mulawarman.Samarinda.
Refbacks
- There are currently no refbacks.