PEMBELAJARAN BIOLOGI DI INDONESIA BUKAN UNTUK HIDUP
Abstract
PEMBELAJARAN BIOLOGI DI INDONESIA BUKAN UNTUK HIDUP
Full Text:
PDFReferences
Aloquaili, Abdulmohsen S. 2012. The relationship between reading comprehension and critical thinking: A theoretical study. Journal of King Saud University - Languages and Translation. Volume 24, Issue 1, January 2012, Pages 35–41.
Arends, R.I. 1998. Learning to Teach. New York: Mc Grow Hill. Inc.
Basith, A. 2013. Kajian Perbandingan Efektivitas Problem Based Learning dan Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif, Pemahaman Konsep Biologi dan Retensi Siswa kelas X SMA dengan Potensi Akademik Berbeda di Kota Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Blakey, Elaine-Spence, Sheila. 1990. Developing Metacognition. Erick Digest. Erick Clearinghouse on Information Resources Syracuse NY: ED 327218.
Corebima, A.D. 2009. Metacognitive Skill Measurement Integreted in Achievement Test. Makalah di sajikan dalam Third International Conference on Science and Mathematics Education (CosMed). Malaysia, 10-12 November.
Cummins, J. 1979. Linguistic Interdependence and The Educational Development of Bilingual Children. Review of Educational Research. 49. 134-144.
Cunningham, A.E. & Stanovich, K.E. 2001. What Reading Does for the Mind. Journal of Direct Instruction, Vol. 1, No. 2, pp.137-149. American Educator.
Eggen, P.D dan D.P. Kauchak. 1996. Strategies for Teachers. Boston: Allyn and Bacon.
Fahim, Mansoor & Rezanejad, Atefeh. 2014. Critical Thinking in the EFL Context of Iran. International Journal of Applied Linguistics & English Literature. ISSN: 2200-3592.
Firdaus, I. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa kelas X SMAN Kota Pasuruan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Fitriyani, R. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing terhadap Ketermpilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Kelas XI SMAN Ambulu- Jember. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.
Gavelek, J.R., & Raphael, T.E. (1985) Metacognition, Instruction, and the Role of Questioning Activities. In D.L. Forrest-Pressley, G>E MacKinnon, & T.G. Waller (Eds.) Metacognition, Cognition, and Human Performance (2 Vols). NY: Academic Press.
Hadi, A.M. 2013. Pengaruh Pembalajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hadi, A.N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Haerullah, AH. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berpola PBMP dan TPS Serta Pengaruh Penerapannya Terhadap Metakognisi, Berpikir Kritis, dan Sikap Sosial Siswa SD Multietnis di Kota Ternate. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hakim, L. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu dengan Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Handayani, F.E. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Kognitif Siswa kelas X di SMAN 4 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hart, D. 1994. Authentic Assesment A Handbook for Educators. California, New York: Addison-Wesley Publishing Company.
Hetharia, M. 2015. Pengaruh Strategi Reading Questioning and Answering dipadu Think Pair Share terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Siswa SMAN di Kota Ambon. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Hicks, Diana. 2004. "Real Numbers: Asian countries strengthen their research." Issues in Science and Technology 20, no. 4 (Summer 2004).
Howard, J.B. Pebruari 2004. Metacognitive Inqury. School of Education. Elon University.
Karomah. 2014. Pengaruh Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan terhadap Berpikir Kritis, Motivasi, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA di Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kurniasari, W. 2011. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui PBMP dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kusuma, A.S.H.M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan Perbedaan Gender terhadap Keterampilan Bertanya, Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembentukan Karakter, dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Maasawet, ET. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Snowballing dan NHT pada Sekolah Multi Etnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi dan Sikap Sosial Siswa SMP Samarinda. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.
Marthaliakirana, A.D. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dan Reciprocal Teaching (RT) terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemahaman Konsep dan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Biologi kelas XI Semester II SMA di Jember. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Mistianah. 2011. Pengaruh Penerapan Peta Konsep Melalui Pembelajaran Kooperatif TPS terhadap Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Darul Ulum 1 Jombang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Muhfahroyin. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Integrasi STAD & TPS dan Kemampuan Akademik terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Siswa SMA di Kota Metro. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.
Perkins, K.K. Adams, W.K., Pollock, S.J., Finkelstein, N.D., & Wieman, C.E. Tanpa tahun. Correlating Student Attitudes with Student Learning using The Colorado Learning Attitudes about Science Survey.
Peters, M.A. 2000 Does Contructivist Epistemology Have a Place in Nurse Education. Journal of Nursing Education 39, no. 4:166-170.
PIRLS. 2011. International Study Center, Lynch School of Education. Boston College.
PISA. 2003. First Results From Pisa 2003. Online. (http://www.oecd.org/edu/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/34002454.pdf, diakses tanggal 08 September 2015).
PISA. 2006. Science Competencies for Tomorrows world Volume 1: Analysis. Online. (http://www.nbbmuseum.be/doc/seminar2010/nl/bibliografie/opleiding/analysis.pdf, diakses tanggal 08 September 2015).
PISA. 2009. Ranking by Mean score for Rading, Mathematics and Science. Online. http://www.moe.gov.sg/media/press/files/2010/annex-pisa-2010.pdf, diakses tanggal 08 September 2015).
PISA. 2012. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Online. (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf, diakses tanggal 08 September 2015).
Pradani, N.C. 2015. Pengaruh Model Pembalajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Pratiwi, M.E. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsae terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Kognitif Siswa kelas X di SMA Negeri 2 Malang Pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi . Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Priantari, I. 2014. Pengaruh Strategi Reading Questioning and Answering dipadu dengan Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Jember Matakuliah Genetika, Tahun kademik 2012-2013. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Ratnawati, L. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Mapping (REMAP) STAD terhadap minat baca, Kemampuan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas X SMA Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Rivers, W.S. 2001. Autonomy at All Costs: An Ethnography of Metacognitive Self-Assesment and Self-Management among Experienced Language Learners. Moderns Language Journal 86, no. 2: 279-290.
Rosyida, F. 2014. Pengaruh Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap Motivasi, Hasil Belajar, dan Retensi Siswa Kelas X SMA Malang pada Pembelajaran Biologi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rubin, D. 1983. Teaching reading and study skills in content areas. Reading and thinking. Trenton State College.
Sahubauwa, L. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script dan Kemampuan Akademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa kelas XI di SMA Kabupaten Maluku Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Setiawati, Indah. 2015. Pengaruh Strategi Reading Questioning and Answering terhadap Minat Baca, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa SMA Kota Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Sinar Indonesia Baru, terbit 14 Juli 2014.
Siswati, BH. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Ngoro Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Slavin, R.E. 1997. Educational Psychology: Theory into Practice (3rd ed). Boston: Allyn & Bacon.
Tan, Oon-seng. 2004. Enhancing Thinking Trough Problem Based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.
Tri Asih Wahyu H. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP di Kota Malang Mata Pelajaran IPA-Biologi pada Kemampuan akademik Berbeda. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Trilling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills. San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc.
Usman, Ali. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung Metode Resitasi terhadap Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, dan Karakter Siswa pada Pemelajaran Biologi SMAN di Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Wibowo, A.L.P. 2009. Pengaruh Pendekatan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Serta Sikap terhadap Ekosistem Sungai Peserta Didik kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Wicaksono, A.G.C. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Jigsaw terhadap Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar, dan Retensi Siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widayati. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran RQA dipadu dengan TPS dan Kemampuan Akademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Blitar. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.