Teknologi Pemurnian Udara Ceratophyllum demersum untuk Mengatasi Sick Building Syndrome

Erna Widyasari, Fauzan Farel Al Ghifari, Andhika Rhaifahrizal Hartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pemurnian udara menggunakan bahan akrilik untuk mengatasi sick building syndrome.Sick building syndrome adalah situasi dimana penghuni gedung mengeluhkan permasalahan kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan selama mereka berada di dalam gedung. Keluhan berupa sakit kepala, lesu, iritasi mata dan kulit, serta berbagai gangguan pernafasan akan timbul ketika mereka berada di dalam gedung dengan kualitas ruangan yang buruk  Asap dari kebakaran hutan merupakan salah satu faktor penyebab dari sick building syndrome. Perlakuan aerasi dan penambahan tumbuhan air dapat meningkatkan kandungan oksigen terlarut (DO) dalam air dan oksigen (O2) pada udara.Tumbuhan yang digunakan adalah Ceratophyllum demersum karena tumbuhan ini menghasilkan oksigen terbanyak dan mengkonsumsi oksigen paling sedikit jika dibandingkan dengan tumbuhan air lainnya.

Keywords

Pemurnian Udara, Ceratophyllum demersum, Sick Building Syndrome

Full Text:

PDF

References

Adekayanti, R. (2015). “Pengaruh Penggunaan Air Conditioner terhadap Gangguan Kesehatan yang Berdampak terhadap Kebugaran Pelajar”.Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anonim.(2012). http:// arsip-perikanan.blogspot.co.id/2012/03/pengaruh-aerasi-terhadap-organisme-air.html (diunduh tanggal 21 Januari 2017).

Handayani, F., Sophyana, Y., Masykur, V., Fauzia, E., Soraya, F. (2015).“Mikrobiologi Lingkungan Kabut Asap dan Usaha Penanganannya”.Makalah. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Nurachman, Z. (2015). “Atasi Dampak Kabut Asap dengan Alat Sederhana”.ITB News.

Puspitaningrum, M., Izzati, M., Haryanti, S. (2012).“Produksi dan Konsumsi Oksigen Terlarut oleh Beberapa Tumbuhan Air”.Buletin Anatomi dan Fisiologi. XX, 1, 47-55.

Ramadhani, E. (2016). “Analisis Pencemaran Kualitas Air Sungai Bengawan Solo akibat Limbah Industri di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar”.Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosha, P. T., Fitriyana., M. N., Ulfa., S. F., Dharminto. (2013). “Pemanfaatan Sanseviera Tanaman Hias Penyerap Polutan sebagai Upaya Mengurangi Pencemaran Udara di Kota Semarang”.Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3, 1, 1-6.

Salmin.(2005). “Oksigen Terlarut (DO) dan Kebutuhan Oksigen Biologi (BOD) sebagai salah satu Indikator Untuk Menentukan Kualitas Perairan”.Oseana. XXX, 3, 21-26

Yulianti, D., Ikhsan, M., Wiyono, W. H. (2012).“Sick Building Syndrome”.CDK-189. 39, 1, 21-24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.