Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif disertai Mind Mapping
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzan, T. (2005).Buku Pintar Mind map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fitari, DA., Susetyarini, RE., Sukarsono. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan metode Problem Solving Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP.(2015). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 1(1): 99-108
Kunandar.(2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Press
Miles, MB dan Huberman, AM. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia
Mulyasa, HE.(2011). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, FH., Hasibuan, IS., dan Lubis, JA. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation.Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran. 1 (1): 28-33
Purwadi, B. (2003). PISA dan TIMSSGambaran Umum Metode Penelitian. Jakarta: Puspendik Depdiknas. (Online).http://nces.ed.gov/timss/result07.asp TIMSS,(10 Oktober 2011)
Riduwan.2012. Skala PengukuranVariabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Suciati, S. (2010).Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses.Proceeding Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi FKIP UNS. SurakartaHal 237-243
Sudjana, N. 2006.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.