Profil Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIPA SMA X Surakarta

Ani Rahmawati1, Joko Ariyanto2, Dewi Puspita Sari2

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menggambarkan profil komposisi jenis dimensi pengetahuan dalam proses pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA SMA X Surakarta dengan SKL pada kurikulum 2013. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah guru dan siswa SMA Al Islam 1 Surakarta. Sampel penelitian adalah guru bidang studi biologi dan siswa kelas XI MIPA dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian mengambarkan komposisi jenis pengetahuan dalam pembelajaran materi sistem reproduksi yaitu mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif, dengan jumlah kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda berdasarkan karakteristik, metode, dan model pada masing-masing submateri pembahasan

Keywords

taksonomi bloom, dimensi pengetahuan, pembelajaran, sistem reproduksi

Full Text:

PDF

References

Anderson, Lorin, W., & Krathwohll, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives., 12.

Anderson, Lorin, W., & Krathwohll, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives., 12.

Ardila, C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2012). Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–9.

Athanassiou, N., & Mcnett, J. M. (2003). Critical Thinking In The Management Classroom : Bloom’s Taxonomy As A Learning TooL. Journal of Management Eduation, 27(5), 533–555. https://doi.org/10.1177/1052562903252515

Awi, & Sukarna. (2013). Perangkat Asesmen Model Pkm Yang Melibatkan Scaffolding Metakognitif, 14(1), 7–13.

Cannon, H. M., & Feinstein, A. H. (2005). Bloom B Eyond B Loom : Using The Revised Taxonomy To Develop Xperiential Learning Strategies. Developments in Business Simulations and Experiential Learning, 32, 348–356.

Faisal. (2015). Mengintegrasikan Revisi Taksonomi Bloom Kedalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Sainsmat, IV(2), 102–112

Fauzi, A. (2016). Daya Serap Siswa terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pustaka, 8(1), 50–67. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gunawan, I. (2014). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen, (1), 98–117.

Ilham, A., Sudding, & Sumiati, S. (2017). Analisis Kemampuan Peserta Didik kelas XI MIA SMA di Kabupaten Enrekang dalam Menyelesaikan Soal-Soal Berdimensi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif, 1(1), 91–99.

Isti’farin, Paidi, & Adawiyah, R. (2016). Analysis The Mastery of Process and Product Cognitive of Students in Biology Learning Class XI Senior High School in Terms of School Favorability, 2(1), 437–447.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2010). Merlin C . Wittrock and the Revision of Bloom’s Taxonomy. Educational Psychologist, 45(1), 64–65. https://doi.org/10.1080/00461520903433562

Sari, N. P., Budijanto, & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Numbered Heads Together Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Kemampuan Berpikir. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447.

Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Belajar Fisika Siswa Effects Of Guided Inquiry Learning Model Based Real Experiments And Virtual Laboratory Towards The Results Of Students ’ Physics Learning. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 299–316.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29–35.

Sukowati, D., Rusilowati, A., & Sugianto. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains dan Metakogntif Peserta Didik. Physics Communication, 1(1), 474–480.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Kreano, 6(1), 65–73.

Takdung, L. S. (2015). Point Improvement Activities And Results Of Learning On The Concept Of Biology Reproductive System Through The Use Power Point. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(2), 263–269.

Yusrizal, A, H., & Junike. (2017). The Effect of Inquiry Based Learning on the Procedural Knowledge Dimension about Electric and Magnet Concept, 13(2), 88–93. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.10152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.