Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Reny Lukma Aisyah Putri, Sri Dwiastuti, Puguh Karyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek interpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, self regulation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7Surakarta yang berjumlah 198siswa. Sampel penelitian diambil meggunakan teknik simple ramdom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukeydengan taraf signifikansi 5%.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis pada aspekinterpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, self regulation. Pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learningterhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis dari yang tertinggi hingga terendah yaituanalyze, interpretation,  evaluate, inference dan explanation, self regulation

Keywords

Pertanyaan Higher Order Thinking Skills, Problem Based Learning,kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Alpindo, O., & Amir, H. (2014). Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Padang, 3(April), 113–120.

Arnyana, I. B. P. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada pelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 3(6).

Desti, H. (2011). Pembiasaan Berpikir Kritis Dalam Belajar Matematika sebagai Upaya Pembentukan Individu yang Kritis. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts, 1–30.

Julianingsih, S., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2013). Suhaesti Julianingsih *, Undang Rosidin , Ismu Wahyudi FKIP Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, (1), 59–68.

Martin, M. O., Mullis, I. V., Foy, P., & Stanco, G. M. (2012). Times roll international result in science. Amsterdam: International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Palennari, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Integrasi Problem Based Learning dan Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).

Redecker, C., Ala-Mutka, K., Leis, M., Leendertse, M., Punie, Y., Gijsbers, G., Kirschner, P., Stoyanov, S. and Hoogveld, B. (2011). The Future of Learning: Preparing for Change. Luxembourg, Publications Office of the European Union.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Rokhim, A. R., Suparmi, A., & Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perpindahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 169-176).

Tan, O. S. (2003). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Thomson Learning Asia.

Tan, Oon-Seng. (2004). Cognition, Metacognition, and Problem-Based Learning, in Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches. Singapore:Thomson Learning

Zubaidah, S. (2017). Berpikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains, (June).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.