Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning disertai Media Augmented Reality (ECO-AR 1-3) terhadap Penguatan Aspek Pengetahuan dalam Literasi Lingkungan

Ella Nur Laela, Puguh Karyanto, Suciati Suciati, Anik Nur Purwaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media augmented reality dengan penguatan aspek pengetahuan dalam literasi lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif atau ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X MIPA sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post only group desain. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui onservasi, dokumentasi, tes pengetahuan materi ekosistem dan angket NEP. Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t tidak berpasangan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test pada tes pengetahuan menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 diterima, sehingga penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media augmented reality (eco-ar 1-3) berpengaruh terhadap penguatan aspek pengetahuan dalam literasi lingkungan

Keywords

media augmented reality (ECO-AR 1-3), aspek pengetahuan, literasi lingkungan

Full Text:

PDF

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior.

Barkatullah, A. H., & Abdullah, D. (2016). Al ’ Adl, Volume VIII Nomor 3, September - Desember 2016 ISSN 1979 - 4940, VIII, 1–22.

Derlina, M. F. dan. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery, 3(2).

Dunlap, R. E., Liere, K. D. Van, Mertig, A. G., & Jones, R. E. (2000). Measuring Endorsement of the New Ecological Paradigm : A Revised NEP Scale. Journal of Social Issues, 56(3), 425–442.

Handoko, A., Sajidan, & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning ( Part Of Inquiry Spectrum Learning-Wenning ) Pada Materi Bioteknologi Kelas Xii Ipa Di Sma Negeri 1, 5(3), 144–154.

Hariyanto, A. (1992). ABSTRAK manusia dan merupakan faktor penting dalam meningkatkan harkat dan martabat Kata Kunci : Kawasan Kumuh , Perumahan , Permukiman. Jurnal PWK Unisba, (4), 11–37.

Hidayat, O., Studi, B., & Pengajaran, D. A. N. (1997). Biologi 2 : untuk sekolah lanjutan tingkat pertama kelas 2 / Nuryani Biologi 1 : petunjuk guru sekolah lanjutan tingkat pertama kelas 1 / Nuryani Rustaman , Sri Redjeki Pokok-pokok pengajaran biologi dan kurikulum 1994 / Nuryani Rustaman , Andrian Rustama, 1996–1997.

Istiana, G. A., Nugroho, A., & Catur, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester Ii Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013 / 2014, 4(2), 65–73.

Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 13(1), 352–358.

Pawar, P. R. (2017). Impact of Jawaharlal Nehru Port ( JNP ) and port related establishments on seawater quality of the Uran coast , Navi Mumbai, 11(October), 9–31.

Purnamasari, D., Suciati, & Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh penerapan media augmented reality berbasis discovery learning terhadap hasil belajar the influence of application augmented reality media based discovery learning toward learning achievement on blood matter, 5.

Setiyanto, Noo. A., Sandjaya, L., & Haryanto, H. (2016). Model Antarmuka Augmented Reality Interaktif Menggunakan Appreciative Learning Dalam, 15(1), 77–83.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP, 4(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.