Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriany, D. (2012). Perbedaan perilaku mencuci tangan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Keperawatan Soedirman, 7(2), 60-66.
Astrawan, I. G. B. (2014). Penerapan model kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 227-242.
Churcher, K., Downs, E., & Tewksbury, D. (2014). Friending Vygotsky: a social constructivist pedagogy of knowledge building through classroom social media use. Journal of Effective Teaching, 14(1), 33-50.
Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2), 41-46.
Noorhidayati, N., Hartini, S., & Suyidno, S. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbasis karakter. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 22-30.
Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan pemahaman siswa pada konsep listrik melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX SMPN 43 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Pratiwi, L. (2011). Penerapan model course review horay (CRH) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Merjosari 1 Malang. Unpublished thesis, Universitas Negeri Malang.
Rahmawati, A. (2012). Keterampilan sosial siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) SMAN 9 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1).
Rusman, (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman A.M, 2011. Interaksi &motivasi belajar mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.
Sunardi, A. (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PAI pokok bahasan iman kepada malaikat di SDN 3 Dompyong Wetan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Unpublished thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Supriyanto, B. (2014). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIB mata pelajaran Matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.
Rusman, (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Yantiani, N. M., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2013). Pembelajaran kooperatif pair check berpengaruh terhadap hasil belajar materi bangun ruang dan bangun datar siswa Kelas IV Gugus IV Semarapura. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.