Memperbaiki Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di Sekolah Dasarmelalui Supervisi Klinis, Supervisi Akademik dan Supervisi Kelas

Akhmad Syakrani

Abstract

School action research aims to improve the ability of teachers in managing IPA learning in elementary school through clinical supervision, academic supervision and supervision classes. School action research conducted two cycles. The I-cycle related to the design of the device, and the RPP cycle II of the management learning. The subject is the teacher of class V IPA SDN Sungai Tiung4. The research was carried out on the even semester 2016/2017.Data design device RPP retrieved from the device's assessment of the RPP made teachers. Data management of the learning derived from the results and the process of learning. All data were analyzed in quantitative descriptive.The results showed 1) the ability of teachers in designing RPP devices can be improved, 2) the ability of teachers in managing learning seen from student learning outcomes, namely the results of group work students in solving LKS questions are good, observations of student performance are also classified as good group activities during the learning process are also good.

Keywords

teacher's ability, supervision, IPA learning

Full Text:

PDF

References

Amani, L., Dantes, N. and Lasmawan, I.W., 2013. Implementasi Supervisi Klinis dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran pada Guru SD Se-Gugus VII Kecamatan Sawan. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta.

Astuti, S., 2016. Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di sd laboratorium uksw. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), pp.117-126.

Astuti, S., Slameto, S. and Dwikurnaningsih, Y., 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), pp.37-47.

Arman, A., 2017. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1).

Harahap, D.P., 2014. Supervisi Akademik Teknik Workshop Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(02), pp.67-76.

Danurwati, S. and Slameto, S., 2015. Penerapan Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), pp.99-109.

Imron, A., 2015. Peningkatan Keprofesionalan Guru Oleh Kepala Sekolah Melalui Penelitian Tindakan Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional. Malang: Universitas Negeri Malang.

Jaenudin, U., 2017.Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi Pedagogik guru dalam menyusun RPP SDN Kalapadua Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang tahun 2017. BIORMATIKA: JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 3(2).

Nurhamidah, S., Dantes, N. and Lasmawan, I.W., 2014. Upaya Peningkatan Pengelolaan Proses Pembelajaran Melalui Pendampingan Pada Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru–Guru Kelas I Dan Kelas IV SD Di Kecamatan Denpasar Barat. Tesis, Singaraja: Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).

Putu, P.S.D., Dantes, N. and Nyoman, N., 2013. Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika Sekolah Dasar Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Saragih, H., 2016. Meningkatkan Ketrampilan Guru Membuat Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 bagi Guru pada Sekolah. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 8(2), pp.114-122.

Susanti, E., Susanti, D.H.E. and Hartanto, D., 2015. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(1), pp.151-174.

Suyanto, Kasihani K., Suhadi Ibnu, & Herawati Susilo. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan dalam: Pelatihan Metodologi Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Dosen-Dosen LPTK se-Indonesia. Diselenggarakan oleh Direktorat Ketenagaan, Dirjen Dikti Depdiknas. Tanggal 5-9 April 2006 di Mataram dan Padang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.