Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi,Trisna. 2010. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terahadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi(tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Spivey, 2006. Model reciprocal teaching of lecture comprehension skills in college students. Journal of Scholarship of Teaching and Learning. 6(2).66-83.
Nirwana, I. 2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Konsep Sistem Ekskresi di SMUN 2 Samarinda. Tesis tidak diterbitkan Surabaya:PPS Universitas Negeri Surabaya.
Purbowati, W. A. D. 2011. Penggunaan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Perbandingan pada Siswa SMP Negeri 2 Tenggarang-Bondowoso Kelas VII A. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jember.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Palinscar, A.S., & Brown, A.L. 1984. Interactive Teaching to Promote Independent Learning from Text. The Reading Teacher, 39(8):71-77. (Online), (http://www.education.umn.edu/, diakses 27 November 2013).
Suharti. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Thin Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas, Hasil belajar kognitif, dan Hasil belajar Afektif Biologi Siswa kelas VII SMPN 12 Balikpapan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.
Suratno. 2010. Pengaruh Kooperatif Jigsaw dan Reciprocal Teaching terhadap Pembelajaran Jigsaw-Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2):146-152.
Tierney, R. J. 1993. Reading Strategies and Practices A Compedium. Boston: Allyn and Bacon.
Utami, D.K. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Bacaan Siswa Kelas VII SMPN 1 Gatak melalui Pembelajaran Membaca Cepat dan Efektif. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.