Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Menguatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X MIA SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan
Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah
Dasar sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah
Hijau, Jurnal PEDAGOGIA, 2(1), 98–108.
Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N.
(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
Proyek Self Efficacy Siswa. E-Journal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,
Anwar, Y., Rustaman, N. Y., & Widodo, A. (2013). Kemampuan Subject SpesificPedagogy Calon
Guru Biologi Peserta Program Pendidikan
Profesional Guru (PPG) yang Berlatar Belakang
Basic Sains Pra dan Post Workshop. Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 157–162.
Bakhtiar, A. M. (2016). Curriculum Development of
Environmental Education Based on Local
Wisdom at Elementary.International Journal of
Learning, Teaching and Educational Research,
(3), 20–28.
Buto, Z. A. (2010). Implikasi Teori Pembelajaran
Jerome Bruner dalam Nuansa Pendidikan
Modern. Millah Edisi Khusus, 55–70.
Christie, Y. A. (2013). Dampak Kerusakan
Lingkungan Akibat Aktivitas Pembangunan
Perumahan (Studi Kasus di Perumahan Palaran
City oleh PT.Kusuma Hady Property). Jurnal
Beraja Niti, 2, 1–21.
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan Masyarakat
Berkarakter Peduli Lingkungan melalui Program
Adiwiyata, SOSIO DIDAKTIKA: Social Science
Education Journal,2(1), 31–37.
Dunlap, et al. (2000). Measuring Endorsement of The
New Ecological Paradigm : A Revised NEP
Scale, Waikato, 56(3), 425–442.
Inayah, Y. N. (2015). Analisis Tingkat Pencemaran
Udara pada Kawasan Terminal Malengkeri di
Kota Makassar. Skripsi : Tidak Diterbitkan
Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., Luh, N., Manik,
P., Studi, P., Ipa, P., & Pascasarjana, P. (2014).
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek
(Project Based Learning) Terhadap Hasil
Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
SMA. E-Journal Program Pascasarjana
Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3).
Karyanto, P., & Prayitno, B. A. (2009). Penguatan
Modal Manusia dan Peningkatan Literasi
Ekologi Melalui Pedagogi Spesifik Materi :
Pengembangan Model Dalam Pembelajaran
Ekologi Melalui Penelitian Ekofisiologi Tikus
Sawah. Prosiding Seminar Nasional XI
Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi , Sains ,
Lingkungan , dan Pembelajarannya, 601–606.
Kehutanan, K. L. H. dan. (2015). Indeks Kualitas dan
Lingkungan Hidup Indonesia 2014. Jakarta:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
RI.
Mahanal, S. (2009). Pengaruh Pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem
Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN
Malang. Skripsi : Tidak Diterbitkan
Mukhyati. (2015). Pengembangan Bahan Ajar
Perubahan Lingkungan Berbasis Realitas Lokal
dan Literasi Lingkungan. ProsidingBiologi,
Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, 151–
Sumarni, W. (2015). The Strengths and Weaknesses of
the Implementation of Project Based Learning :
International Journal of Science and Research
(IJSR), 4(3), 478–484.
Timutiasari, B. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek
Berbantuan Modul Program KRPL untuk dan
Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam
Moh.HattaMalang. Jurnal Pendidikan: Teori,
Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1185–
Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan
Implikasinya terhadap Pembelajaran
Matematika. Widya Warta No. 02 Tahun XXXIV,
–135.
Refbacks
- There are currently no refbacks.