PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MELALUI PROMOSI KESEHATAN

Sri Mulyani

Abstract

Latar belakang : Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengumumkan kasus corona covid-19 mencapai 12 kasus per tanggal 20 Maret 2020. Kabupaten Klaten adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang salah satunya terkena dampak KLB COVID-19. Pemerintah Kabupaten Klaten sudah mengambil langkah yang terbaik dalam pencegahan, setelah ada satu warganya yang terkonfirmasi positif korona dan ditetapkan sebagai KLB. Penetapan status KLB ini diikuti dengan himbauan Pemerintah Kabupaten Klaten agar masyarakat tidak takut dan tidak panik, tetap menerapkan prinsip PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) sehingga masyarakat akan tetap aman. Pemerintah Kabupaten Klaten juga meminta agar warganya yang berada di luar wilayah Klaten untuk sementara tidak kembali ke Klaten terlebih dahulu atau biasa digunakan istilah untuk tidak mudik.

Metodologi: Pengabdian ini Penelitian dilakukan di Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten, Metode yang digunakan secara daring dengan menggunakan kuesioner pre dan post test dan media edukasi berupa video dan gambar seputar covid-19. Kuesioner dibuat berdasarkan analisis masalah yang dikaji dengan metode PAHO, dan link disebarkan melalui tokoh masyarakat. analisis  menggunakan deskriptif presentase dan uji t serta analisis Wilcoxon.

Hasil dan diskusi : Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga menandakan adanya perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi berupa sosialisasi HATMA SEMAR. Pengetahuan  yang dimiliki seseorang atau kelompok atau budaya tertentu yang dihasilkan dari semua proses, baik bawaan dari lahir maupun yang didapatkan melalui pengalaman. Pengetahuan adalah faktor penentu untuk bertindak

Kata Kunci: : Covid-19, Promosi Kesehatan, Pencegahan

Keywords

Covid-19, Promosi Kesehatan, Pencegahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.