PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI PT JAMU AIR MANCUR PALUR

Yusuf Bachtiyar Lobis, Dwi Ariyanto, Warsini Warsini

Abstract

Latar Belakang: Proses pengawasan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perilaku kepatuhan terhadap penggunaan alat pelindung diri oleh pekerja di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengawasan terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri di PT Jamu Air Mancur Palur.
Metode: Desain penelitian ini adalah cross sectional. Populasi adalah seluruh pekerja PT Jamu Air Mancur Palur sebanyak 345 orang. Sampel kasus 78 orang. Analisis data menggunakan uji paired sample t test dengan taraf signifikan 95%.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara pengawasan terhadap kepatuhan penggunaan APD di PT JAM Palur dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kesimpulan: Ada pengaruh antara pengawasan terhadap kepatuhan penggunaan APD di PT JAM Palur. Pihak PT JAM Palur diharapkan bisa meningkatkan, memperketat dan menyiapkan petugas khusus pengawasan penggunaan APD pada pekerja.

Keywords

pengawasan; kepatuhan; alat pelindung diri

Full Text:

PDF

References

Adikoesoemo, S. 2003. Manajemen Rumah Sakit, Penerbit Pustaka Sinar. Jakarta : Harapan.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka cipta.

Azwar, S. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bustanul Arifin, Arif S. 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Pekerja dalam Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Bagian Coal Yard PT X Unit 3 & 4 Kabupaten Jepara Tahun 2012. Tesis. Semarang : FKM UNDIP.

DepKes RI. 2014. 1orang pekerja di dunia meninggal setiap 15 detik karena kecelakaan kerja, dalam http://www.depkes.go.id/article/ 1-orang-pekerja-di-dunia-meninggal-setiap-15-detik-karena-kecelakaan-kerja. Diakses pada tanggal 30 April 2015.

Depnakertrans RI. 2004. Pengawasan K3 Lingkungan Kerja, Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan. Jakarta.

Effendi, S. 2011. Metode Penelitian Survai. Jakarta : PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Hair, J. F.; Black, W. C.; Babin, B. J.; Anderson, R. E.; Tatham, R. L. 2006. Multivariate Data Analysis. New Jersey, Upper Saddle River, 6th, Pearson Educational International.

Ilham Noviandry. 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan PerilakuPekerja dalam Penggunaan Lat Pelindung Diri (APD) pada Industri Pengelasan Informal di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang tahun 2013. Skripsi. Jakarta : FKM UIN Syarif Hidayatullah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.