PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP SIKAP IBU TENTANG PIJAT BAYI DI KELURAHAN TIYARAN KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO

Syefira Ayudia Johar

Abstract

Latar Belakang: Pijat bayi dapat digolongkan sebagai stimulasi sentuhan yang dilakukan dengan usapan halus pada permukaan kulit bayi dengan tangan yang bertujuan untuk menghasilkan efek terhadap syaraf, otot, sistem pernafasan serta sirkulasi darah dan limpha. Di dalam pijat bayi terdapat unsur sentuhan berupa kasih sayang, perhatian, suara atau bicara, pandangan mata, gerakan, dan pijatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap ibu tentang pijat bayi di Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.
Metode: Penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p value <0.05 (CI= 95%).
Hasil penelitian: Hasil analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon menunjukkan nilai Z adalah -3.561. Nilai asymp.Sig 0.000 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap ibu dalam melakukan pijat bayi.
Simpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap ibu tentang pijat bayi, saat pretest dan posttest

Keywords

pendidikan kesehatan; sikap; pijat bayi

Full Text:

PDF

References

Siska Y. 2016. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hiperbilirubin Patologis pada Bayi Baru Lahir di RSUD Dr.Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2016. Universitas Andalas. Skripsi.

Soedjatmiko. 2006. Pentingnya Stimulasi Dini untuk Merangsang Perkembangan Bayi dan Balita Terutama pada Bayi Risiko Tinggi. Sari Pediatri. Vol 8. No 3. Hal 164-173.

Mauliddina A. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Melaksanakan Pijat Bayi di Wilayah Puskesmas Mlati 1 Sleman. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi.

Rakhmawati W. 2007. Modul Pijat Bayi. Universitas Padjadjaran.

Jing J, Li XH, Feng LY, Wu Q, Wang ZC, Zeng SP, Gu YP, Cai XM. 2007. Massage And Motion Training For Growth And Development Of Infants. World Journal of Pediatrics. Vol 3. No 4. Hal 295-299.

Baroo’ah B. 2015. Pengaruh pendidikan Kesehatan tentang Pijat Bayi terhadap Perilaku Ibu dalam Memijat Bayi Secara mandiri di Kelurahan Girimargo Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

Azwar S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Notoatmojo. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. EGC. Jakarta.

Mubarak I, Chayatin N. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Salemba Medika. Jakarta.

Maharani S. 2009. Pijat dan Senam Sehat Untuk Bayi. Kata Hati. Yogyakarta.

Ambarsari M. 2015. Pengaruh Penyuluhan Pijat Bayi Terhadap Praktik Pijat Bayi Pada Ibu Di Desa Tugu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Universitas Sebelas Maret Surakarta. KTI.

Putri A. 2009. Pijat Dan Senam Untuk Bayi Dan Balita Panduan Praktis Memijat Bayi Dan Balita. Brilliant Offset. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.